15 April 2020

by Glenn Kaonang

Permudah Pengalaman Menemukan Musik Baru, YouTube Music Kini Dilengkapi Tab Explore

Gantikan tab Hotlist yang bisa dibilang kurang begitu berguna

YouTube belum lama ini mengganti tab Trending menjadi Explore. Sekarang giliran YouTube Music yang kebagian jatah yang sama. Di YouTube Music, yang digantikan oleh Explore adalah Hotlist.

Sebelum ini, Hotlist pada dasarnya cuma berfungsi untuk menampilkan deretan video musik yang sedang ngetren di YouTube. Kalau ini yang dicari, saya pribadi sih akan langsung membuka laman Trending YouTube sendiri.

Explore, di sisi lain, dimaksudkan untuk membantu pengguna menemukan musik-musik baru. Bagian teratasnya dihuni oleh deretan album, single maupun video musik baru berdasarkan riwayat lagu-lagu yang pernah didengarkan oleh masing-masing pengguna.

Lanjut ke bawah, ada kumpulan playlist yang dikelompokkan berdasarkan mood dan genre. Tampilannya sengaja dibuat mirip seperti kumpulan kategori yang ada pada tab Explore di aplikasi YouTube, yang kebetulan juga nyaris sama seperti tampilan anyar aplikasi Spotify.

Kehadiran tab Explore ini semakin memudahkan dan menyempurnakan pengalaman menemukan musik baru di YouTube Music. Sebelumnya, YouTube Music sudah meluncurkan tiga personalized playlist (Discover Mix, New Release Mix, Your Mix) guna menyuguhkan sajian segar setiap minggunya, dan sekarang pengguna juga bisa menikmati rekomendasi-rekomendasi ekstra melalui Explore.

Sumber: Engadget.