Dewasa ini e-commerce atau toko-toko online dengan berbagai macam konsep dan barang yang ditawarkan bisa dengan mudah dijumpai. Mulai dari yang menawarkan barang dengan lengkap hingga e-commerce yang menawarkan barang-barang khusus seperti kerajinan tangan dan sejenisnya. Salah satu konsep yang baru dan berani adalah menawarkan barang dengan desain yang bisa dikustomisasi seperti yang ditawarkan Pershoenalize.

Sesuai namanya, Pershoenalize menawarkan pembelinya produk sepatu yang bisa dimodifikasi sesuai dengan keinginan pengguna. Mulai dari jenis, model, warna, ukuran, hingga bahan bisa ditentukan sesuka hati calon pembeli langsung dari laman resmi mereka.

Sepanjang pengetahuan saya, konsep modifikasi sepatu ini merupakan yang pertama kali di Indonesia. Tidak banyak yang menyuguhkan konsep serupa, baik untuk produk sepatu atau produk-produk lainnya.

Seperti kebanyakan startup Pershoenalize juga lahir dari keresahan yang dimiliki oleh founder mereka, Nazmi Ahmad. Di tahun 2011, Nazmi menilai saat itu ada sebuah masalah besar yang dihadapi oleh para pengrajin sepatu di Indonesia. Salah satunya mengenai kontrak kerja, asuransi, dan juga pendapatan yang mereka peroleh dari membuat sepasang sepatu.

Berangkat dari situ akhirnya Nazmi memutuskan untuk melakukan perubahan dengan membangun sebuah bengkel kecil yang memiliki visi dan tujuan untuk mengubah pengrajin lokal dan menggandeng mereka sebagai mitra. Kini, dengan teknologi yang mereka miliki, Pershoenalize memegang peranan penting sebagai penghubung dan penerjemah keinginan pembeli sepatu dengan pengrajin.

Pershoenalize menyediakan fitur desain visual untuk kustomisasi sepatu yang memungkinkan calon pembeli merancang kebutuhan dan keinginan sepatu mereka tanpa harus repot-repot mencari di banyak laman. Sepatu yang bisa dikustomisasi adalah sepatu untuk wanita dan juga pria. Saat ini setidaknya ada enam jenis sepatu yang bisa didesain sesuka hati, di antaranya adalah Pump Heels, D’Orsay Heels, Slingback Heels, Heel Sandals, Sandal, dan Sneakers.

Startup asal Bandung ini adalah salah satu contoh bahwa marketplace niche, yang membidik ceruk khusus, bisa menjadi salah satu hal yang sangat menarik. Sejauh ini Pershoenalize sudah memiliki kurang lebih 588 desain sepatu di sistem mereka.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.