Tips & Trik

4 Pertanda Malware Sedang Menyerang Smartphone Android Anda

Diserang malware? Jangan deh! Karena itu adalah mimpi buruk yang tidak akan Anda inginkan. Saya pribadi sudah pernah mengalaminya, dan percayalah, waktu dan pikiran Anda akan dikuras demi terbebas sepenuhnya dari cengkraman malware.

Berdasarkan pengalaman itu, berikut ada 4 gejala yang menandakan smartphone Android sobat sedang dijangkiti malware.

Data Internet Mendadak Boros

Ciri khas pertama yang harus Anda perhatikan adalah pola pengunaan data yang tiba-tiba melonjak drasts padahal aktivitas online Anda biasa-biasa saja. Secara khusus memang tanda ini tidak bisa diartian malware sedang menyerang, sebab jika Anda mengaktifkan update otomatis, gejala yang sama juga akan Anda temukan. Oleh karena itu, pastikan dulu gejala-gejala lainnya.

Muncul Iklan Di Layar Smartphone

Pertanda kedua, tiba-tiba muncul iklan di layar padahal smartphone tidak sedang menjalankan aplikasi atau game. Jika Anda perhatikan, iklan biasanya hanya akan muncul ketika aplikasi sedang berjalan atau di kondisi lainnya ketika aplikasi hendak ditutup.

Tapi jika iklan muncul di luar waktu-waktu itu, misalnya ketika Anda berada di panel menu atau layar home, maka itu patut dicurigai sebagai aktivitas malware.

Info Menarik:Simplelocker, Malware Yang Mengancam Perangkat Android Anda

Aplikasi Terinstal dengan Sendirinya

Pertanda ketiga ini paling mudah dikenali, biasanya malware akan mengunduh dan memasang aplikasi tanpa sepengetahuan Anda. Jika ini yang Anda temukan, coba cek di menu Setting - App, apakah ada aplikasi Time Service. Jika ada, malware sedang beraksi, waspadalah.

Jika bukan Time Service, gunakan file manager yang lebih lengkap untuk menemukan malware Monkey Test. Kedua malware ini paling sering jadi biang kerok masalah di atas. Dari pengalaman saya, kedua malware ini sulit diatasi, saya sendiri pada akhirnya harus melakukan flash ulang.

Muncul Folder Asing

Tanda-tanda berikutnya adalah munculnya folder tak dikenal yang biasanya sengaja dibuat oleh malware untuk menampung data. Jika ini yang Anda temukan, sebaiknya waspada dan gunakan anti virus yang jago untuk mencegah serangan yang lebih berbahaya.

Keempat gejala di atas adalah pertanda umum smartphone yang sedang dijajah oleh malware. Ada beberapa solusi yang bisa Anda tempuh.

  • Gunakan antivirus yang berkualitas, tapi dari pengalaman saya cara ini tak selalu berhasil.
  • Copot aplikasi yang Anda unduh dari sumber yang tidak jelas dan dan hapus file bersangkutan.
  • Factory reset
  • Flash ulang
  • Menggunakan ROM pihak ketiga

Sumber gambar header Shutterstock.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter