Categories

Berita

Pertemuan Presiden Jokowi dengan CEO Google Inisiasi Kerja Sama Di Bidang Pendidikan Teknologi

Penerapan kurikulum di universitas dan lokalisasi konten menjadi salah satu langkah awal yang akan dilaksanakan

Prayogo Ryza - 18 February 2016

Presiden Joko Widodo baru saja bertemu dengan CEO Google Sundar Pichai di Mountain View, California. Dalam pertemuan tersebut pihak Google mengutarakan rencananya untuk membantu melatih 100.000 pengembang mobile di Indonesia hingga tahun 2020. Langkah yang ditempuh mulai dari menjalin kerja sama dengan seluruh mitra di Indonesia, dan mengadakan kursus pengembangan keterampilan melalui perguruan tinggi maupun secara online.

Rencananya dalam empat tahun ke depan Google akan menjalin hubungan kerja sama dengan mitra perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Google akan bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk menjangkau mahasiswa ilmu komputer dan menerapkan kurikulum selama satu semester mengenai cara mengembangkan aplikasi Android yang berkualitas.

Upaya selanjutnya dilakukan Google adalah dengan menerjemahkan semua kursus Udacity ke dalam Bahasa Indonesia. Ini diharapkan bisa menjangkau siapa pun yang ingin mewujudkan ide membuat aplikasi. Kursus ini akan diampu langsung oleh instruktur ahli dari tim Developer Relations Google dan dapat diakses gratis. Konten yang diterjemahkan ini nantinya diharapkan akan mempermudah calon pengembang di Indonesia untuk mulai berkarya.

Bentuk rencana lainnya dari Google adalah memperpanjang sesi komunitas studi Android Academy. Kelompok belajar ini rencananya akan didirikan di lima kota yakni Bandung, Jakarta, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta.

Selain memberikan pelatihan kepada pengembang untuk menghasilkan aplikasi berkualitas, Google juga ingin membantu para pengembang untuk mempromosikan aplikasi mereka ke masyarakat luas. Selain itu Google di Indonesia juga telah melangsungkan acara yang ditujukan untuk para pengembang seperti Google HackFair dan juga mempunyai komunitas Google Developer Groups (GDG).

Kerja sama pemerintah dengan perusahaan teknologi seperti Google ini tentu diharapkan bisa membawa dampak yang lebih baik bagi industri teknologi tanah air. Membuka gerbang pengetahuan melalui tersedianya pelatihan menjadi langkah yang tepat untuk memberikan edukasi bagi masyarakat yang ingin mengembangkan aplikasi.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter