1. Startup

Pertumbuhan Pengguna Bukanlah Sebuah Trik

Ada sesuatu yang dipersiapkan, diperhitungkan, dan diusahakan

Bagi startup, mengejar pertumbuhan adalah pekerjaan yang tidak mudah. Memastikan layanan atau produk dipakai banyak orang menjadi prioritas utama di samping perbaikan layanan. Mengupayakan pertumbuhan tidak hadir begitu saja atau dengan trik khusus. Ada sistem yang dibangun, ada keputusan dan ada perhitungan yang matang di balik upaya meningkatkan pertumbuhan startup.

Dalam sebuah kesempatan, Supply Growth Uber Andrew Chen mengungkapkan bahwa pertumbuhan adalah sebuah model yang utuh dan sebuah sistem dengan bagian yang saling terhubung dan perulangan yang sesuai dengan bisnis. Sebuah taktik yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan perulangan pengembangan produk atau layanan.

Pertumbuhan bukan hanya menghasilkan sesuatu yang menarik dan membuat sesuatu yang ramai dibicarakan, tetapi juga bagaimana akhirnya pertumbuhan di tahap ini bisa mengundang pertumbuhan di tahap selanjutnya.

Dalam kesempatan yang sama Andrew juga menjelaskan bahwa pertumbuhan adalah sesuatu yang krusial dan mendasar dari sebuah produk. Ini melibatkan banyak pihak seperti manajer proyek, desainer, pengembang, dan tim lain yang terlibat.

Di awal pendiri membuat produk untuk memecahkan suatu masalah. Setelah itu pengembangan harus difokuskan pada kebutuhan pengguna. Tetapi jangan lupa siapkan produk dari awal untuk mudah dikembangkan.

Pastikan sebelum mencari pertumbuhan pengguna Anda sudah menemukan produk yang ideal atau pasar yang cocok untuk produk Anda. Keduanya merupakan kunci utama sebelum Anda bicara lebih jauh tentang pertumbuhan pengguna.

Pertumbuhan pengguna sejatinya merupakan bagian tak terpisahkan dari perulangan pengembangan produk. Dengan umpan balik dari pengguna yang kemudian dieksekusi untuk menjadi perbaikan produk diharapkan mampu memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna. Ini efektif untuk “menahan” pengguna lama. Selanjutnya Anda harus merancang bagaimana meyakinkan pengguna yang baru.

Kesimpulannya, pertumbuhan pengguna bukan merupakan sebuah hal yang datang tiba-tiba tanpa usaha. Ada sesuatu yang disiapkan, diperhitungkan dan diusahakan sejak awal untuk menjaga tren pertumbuhan bahkan meningkatkan pertumbuhan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again