Categories

Feature

Perubahan-Perubahan untuk Menjaga Kualitas Data

Menyiapkan sumber daya dan perangkat yang mutakhir adalah hal yang penting

Prayogo Ryza - 1 July 2016

Memanfaatkan data tidak hanya sebatas mengambil peluang, tetapi juga melakukan perubahan. Menyiapkan semua hal terkait data untuk mengantisipasi fleksibilitas perubahan adalah hal penting. Mulai dari perangkat lunak sampai dengan sumber daya manusia harus bisa mengantisipasi perubahan data.

Di era arus informasi yang semakin deras data bisa berubah setiap saat. Database tak lagi statis. Data-data formal seperti email, jabatan pekerjaan, dan nomor telepon bisa berubah-ubah setiap saat. Sangat penting bagi bisnis yang memanfaatkanbig data dan analisisnya untuk mengantisipasi hal ini. Terutama untuk menjaga kualitas data.

Hal pertama yang mungkin bisa dilakukan adalah dengan tidak memasrahkan semua urusan data ke departemen IT. Permasalahan data tidak selamanya berurusan dengan hal-hal teknis. Memasrahkan tanggung jawab utuh perihal data ke departemen IT harus dihindari, ada yang perlu diubah. Harus ada bagian khusus yang bertanggung jawab untuk menjaga kualitas data, Chief Data Officer misalnya. Posisi yang memang sewajarnya harus ada jika ingin mengoptimalkan big data.

Yang kedua adalah dengan menetapkan rencana jangka panjang untuk terus menjaga kualitas data. Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan berinvestasi untuk perangkat lunak big data dan analisisnya. Terutama untuk perangkat lunak yang menawarkan fitur real timeanalysis. Hal tersebut akan sangat membantu.

Langkah selanjutnya yang bisa diambil adalah dengan saling mengintegrasikan sistem yang ada. Hal ini bisa mempermudah untuk pengecekan data dan proses validasi data. Sehingga tidak akan ada kerancuan atau perbedaan data di satu sistem dengan sistem yang lain.

Akurasi, kelengkapan, dan waktu adalah tiga hal yang berpengaruh dalam data. Semakin banyaknya sumber data dan arus informasi yang semakin cepat membuat bisnis yang memanfaatkan big data harus tanggap akan perubahan-perubahan data. Menyoal data bukan lagi soal kesempatan memanfaatkan data, tetapi berubah untuk mengantisipasi data.

- Disclosure: DailySocial bekerja sama dengan Bigdata-madesimple.com untuk seri penulisan artikel tentang big data.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter