Categories

Gadget

Perusahaan Dilaporkan Bakal Dijual, Generasi Baru Essential Phone Batal Terwujud

Tim dan pengembang dilaporkan bakal mengalihkan fokus mengembangkan perangkat rumah pintar

Bambang Winarso - 28 May 2018

Tahun lalu Essential mendapatkan begitu banyak perhatian dari penggemar gadget dan teknologi di seluruh dunia. Selain fakta bahwa perusahaan ini didirikan oleh pencetus Android Andy Rubin, Essential juga mengklaim smartphone buatannya - Essential Phone - bakal menjadi salah satu pesaing iPhone. Tapi sayang, saat menjalani debut, penjualannya justru melempem yang tampaknya disebabkan oleh kegagalan perusahaan menjawab ekspektasi pasar yang terlanjur tinggi.

Tahun ini, Essential dilaporkan sedang menggodok satu perangkat baru yang akan meneruskan kiprah Essential Phone. Namun belakangan kabar tak sedap justru mengemuka, di mana dikatakan bahwa smartphone tersebut tidak akan terealisasi menyusul keputusan mengejutkan petingginya yang berniat menjual perusahaan ke pihak lain.

Essential dilaporkan oleh Bloomberg telah menyewa Credit Suisse Group AG untuk mendampingi dan memberikan rekomendasi soal potensi penjualan. Apabila benar dilego, sumber Bloomberg mengatakan setiap transaksi akan melibatkan semua aset Essential, termasuk paten, pekerja, dan perangkat yang belum dirilis termasuk smartphone Essential Phone generasi baru yang sejatinya sudah ada dalam rencana perusahaan.

Meski tidak dalam situasi ideal, namun perusahaan mengonfirmasi masih memiliki rencana untuk produk masa depannya. Selain itu, para tenaga ahli yang tergabung dikatakan sudah mulai mengerjakan produk rumah pintar sebagai gantinya.

Dalam sebuah pernyataan Esential mengatakan, “Kami selalu memiliki beberapa produk dalam satu proyek pengembangan perangkat, dan kami merangkul beberapa di antaranya yang kami pikir akan menjadi produk yang hebat. Kami mengerahkan semua upaya menuju masa depan, produk yang mengubah peta persaingan yang meliputi perangkat ponsel dan rumah.”

Produk pertama dan satu-satunya Essential yang ada di pasaran saat ini adalah Essential Phone (PH-1), sebuah perangkat Android yang membawa layar LCD 5,7 inci dengan bezel tipis dan pengaturan kamera ganda di belakang. Smartphone itu sebenarnya merupakan smartphone pertama yang meluncur dengan notch, mendahului Apple iPhone X. Harga awalnya $699, tapi dikarenakan rendahnya daya beli, ia sempat beberapa mengalami potongan harga. Bulan lalu, Amazon bahkan menjual perangkat seharga $399,99. Sejauh ini, Essential dipercaya sudah menjual 150.000 unit ke seluruh dunia.

Sumber berita Theverge dan Bloomberg.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter