13 January 2017

by Glenn Kaonang

Pesan Uber Sekarang Bisa Langsung dari Google Maps, Tanpa Berpindah App Sama Sekali

Update Google Maps ini juga menghadirkan tampilan baru untuk layanan transportasi online di menu Transit

Popularitas layanan transportasi online secara tak langsung memaksa Google untuk mengintegrasikannya ke dalam aplikasi Maps sebagai alternatif dari moda transportasi umum. Ini cerita tahun lalu, tahun ini Google sudah menyiapkan penyempurnaan dalam wujud tampilan baru yang lebih fungsional sekaligus integrasi yang lebih mendalam.

Sebelum ini, layanan GO-JEK, Grab dan Uber akan ditampilkan dalam wujud daftar dari atas ke bawah. Pada versi barunya, tampilannya berubah menjadi carousel horizontal dan diposisikan di bagian bawah.

Keuntungannya? Bagian tengah layar kini bisa diisi oleh tampilan peta, lengkap beserta icon kendaraan-kendaraan yang lowong dari masing-masing layanan. Selain itu, Maps juga akan menampilkan seandainya ada promo atau penawaran khusus dari tiap-tiap layanan.

Selain tampilan baru, Maps kini juga mengusung integrasi yang lebih mendalam untuk Uber. Sederhananya, Anda bisa memesan dan membayar Uber langsung dari Google Maps tanpa berpindah aplikasi sama sekali – Anda bahkan tidak perlu meng-install aplikasi Uber di ponsel.

Video di atas akan menunjukkan cara kerjanya, dimana sejatinya Anda hanya perlu masuk menggunakan akun Uber dalam Maps dan melakukan pemesanan. Selama perjalanan, Anda juga dapat melihat informasi lengkap dari lokasi tujuan, seperti yang bisa Anda lihat pada video di bawah – fitur ini jelas tak bisa Anda dapat dengan aplikasi Uber.

Kabar terbaiknya, update Maps ini sudah mulai Google luncurkan sekarang juga secara global, baik untuk pengguna perangkat Android maupun iOS.

Sumber: Google Blog.