12 January 2015

by Glenn Kaonang

Petnet SmartFeeder, Konsultan Gizi untuk Anjing dan Kucing

Jika Anda memperlakukan anjing atau kucing kesayangan seperti anak sendiri, maka wajar apabila Anda selalu menginginkan yang terbaik bagi si Doggy dan si Kitty.

Definisi "yang terbaik" bisa berbeda-beda, akan tetapi salah satu yang paling umum adalah kasih sayang dalam bentuk makanan. Namun memberi makan secara terus-menerus bukanlah solusi yang tepat, seperti yang saya pribadi alami dengan anjing saya yang dikatakan obesitas oleh dokter hewan setempat.

Selama ini, solusi yang umum diterapkan adalah dengan memonitor apa dan berapa banyak makanan yang dikonsumsi oleh Doggy dan Kitty. Pun begitu, tidak semua orang bisa meluangkan banyak waktunya untuk tugas ini. Di sinilah Petnet SmartFeeder ingin mencoba membantu.

 

Info menarik: Aplikasi Windows Phone Pilihan 5 – 11 Januari 2015

 

Tugas utama SmartFeeder adalah untuk mengatur diet anjing atau kucing Anda, ibarat konsultan gizi para atlet profesional.

Berbekal informasi yang Anda input via aplikasi pendampingnya di smartphone atau tablet, SmartFeeder akan memastikan Doggy dan Kitty mendapatkan jenis makanan yang tepat dan dalam jumlah yang tepat pula. Tujuannya adalah, baik anjing maupun kucing Anda tidak lagi kekurangan gizi atau malah kelebihan berat.

Lewat aplikasi pendamping ini, Anda juga bisa mengatur jadwal makan Doggy dan Kitty dari jarak jauh, dan makanan pun akan disajikan oleh SmartFeeder secara otomatis. Dengan demikian, Anda tak perlu cemas anjing atau kucing Anda kelaparan selagi Anda sekeluarga sedang asik bersantap malam di restoran terbaik yang berlokasi cukup jauh dari kediaman Anda.

Lebih lanjut, aplikasi ini juga dapat memberi Anda beragam notifikasi, seperti misalnya saat baterai perangkat SmartFeeder perlu diisi ulang atau makanan yang tersimpan di dalam container-nya hampir habis.

Perangkat serupa sejatinya sudah cukup umum, akan tetapi cukup banyak konsumen yang mengeluh bahwa perangkat yang mereka gunakan tidak cukup lihai mengatasi para anjing dan kucing yang jago mencuri.

Salah satu trik yang paling umum diterapkan adalah mendorong perangkat pemberi makan otomatis ini hingga jatuh dan santapan lezat pun siap dilahap di atas lantai.

 

Info menarik: Bukan Flash Drive, Intel Compute Stick Ialah PC Mungil Berbasis Windows

 

Container makanan milik SmartFeeder memiliki mekanisme penguncian yang cukup rumit untuk dibobol oleh Doggy dan Kitty, dimana mereka harus memutar kotak besar ini searah jarum jam dan mengangkatnya untuk melepasnya. Demikian pula dengan penutupnya yang dilengkapi dengan sepasang pengunci.

Singkatnya, SmartFeeder dirancang tidak hanya untuk menyuplai nutrisi dengan mudah dan dalam jumlah yang tepat, namun juga untuk membantu Anda menghemat biaya. Harapannya adalah, tidak ada lagi makanan yang terbuang sia-sia dan anjing serta kucing Anda selalu dalam kondisi sehat – tarif dokter hewan dan biaya obat-obatan tidak semurah yang Anda bayangkan.

Petnet SmartFeeder rencananya akan dipasarkan pada musim panas tahun ini, seperti yang dilaporkan oleh situs berita Recombu. Harga jual yang ditawarkan adalah $249 atau sekitar Rp 3,2 juta, namun Anda bisa melakukan pre-order dan mendapatkan potongan harga $50.

Sumber: Petnet Sumber gambar: Petnet.