Categories

Mobile

PhotoMath Bantu Selesaikan Soal Matematika Berbekal Kamera Smartphone

Yoga Wisesa - 22 October 2014

Sebagian orang berotak encer mungkin tidak pernah kesulitan mengerjakan soal-soal integral, trigonometri dan persamaan kuadrat. Tapi bagi kebanyakan dari kita, matematika adalah tantangan terbesar di bangku SMA. Dibuat oleh MicroBlink, seandainya saja app PhotoMath sudah tersedia semenjak dahulu kala, ia akan membuat hidup jauh lebih mudah.

PhotoMath merupakan sebuah aplikasi yang memanfaatkan kamera smartphone Anda untuk mencari jawaban pertanyaan matematika. Cara menggunakannya sangat mudah: buka aplikasi, arahkan kamera ke buku soal, ambil foto, lalu PhotoMath langsung menyajikan petunjuk detail penyelesaiannya - tanpa menuntut input kompleks dari pengguna.

Aplikasi ini mengusung teknologi pembaca teks canggih dari MicroBlink. Kabarnya, tim telah mengembangkannya selama dua tahun, dan algoritma tersebut sebelumnya mereka terapkan pada PhotoPay - layanan pembayaran tagihan dengan metode scan serupa. Berbicara tentang pengalaman serta reputasi, PhotoPay sudah digunakan di 14 bank di Eropa.

Alasan mengapa PhotoMath spesial ialah karena ia bekerja secara real-time, dimana Anda akan mendapatkan respon instan ketika memindai soal matematika dengan smartphone. Perusahaan ini sedang berupaya meningkatkan level keakuratannya. Selama soal diketik dan tidak ditulis tangan, PhotoMath mampu membacanya. Hebatnya lagi, ia tak sekedar memberikan jawaban, tapi mengajarkan Anda bagaimana menyelesaikan soal.

 

Info menarik: Aplikasi Windows Phone Pilihan Untuk Pelajar/Mahasiswa

 

Kepada Tech Cruch, co-founder MicroBlink, Damir Sabol mengaku bahwa mereka sebenarnya bukanlah perusahaan edukasi. Dengan PhotoMath, tim mempromosikan teknologi pemindai revolusioner. Pengembangannya dimulai tiga tahun silam, dan kini MicroBlink merasa yakin hasil karya mereka tersebut telah matang. Selanjutnya MicroBlink tinggal fokus pada perluasan aplikasi dan update.

Untuk developer, para pencipta PhotoMath juga tak lupa menyiapkan SDK untuk kegunaan khusus contohnya pembayaran dan mengerjakan pertanyaan-pertanyaan matematika kompleks seperti yang saya contohkan di atas. Andaikan semua itu akhirnya tersedia, tak aneh jika teknologi ini akan menjadi sangat populer di kalangan pelajar hingga mahasiswa.

Terobosan terbesar PhotoMath terdapat pada algoritmanya yang diracik spesial untuk perangkat mobile, didukung software optical character recognition. Tak hanya akurat, ia juga sangat cepat dalam mencari solusi. PhotoMath bisa diunduh gratis sekarang juga dari Apple store dan Windows Phone store. Versi Android-nya akan menyusul di awal tahun 2015.

Sumber: Tech Crunch. Sumber tambahan: PhotoMath.net.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter