1 February 2017

by Glenn Kaonang

Piaggio Perkenalkan Gita, Robot Pembawa Barang Otomatis untuk Generasi Modern

Ideal untuk menemani belanja di pasar, mengantar barang maupun mendampingi anjing kesayangan jalan-jalan di taman

Dunia mungkin hanya mengenal Piaggio sebagai pencipta Vespa, akan tetapi perusahaan asal Itali tersebut belakangan mulai menunjukkan komitmennya terhadap inovasi dan perkembangan teknologi. Setelah memamerkan konsep Vespa versi elektrik, Piaggio kini memutuskan untuk membentuk perusahaan baru yang berfokus pada teknologi robotik.

Bernama Piaggio Fast Forward, markasnya tidak berada di Itali, melainkan di kota dimana ahli-ahli teknologi banyak mengenyam pendidikan, yaitu Massachusetts. Tidak main-main, Piaggio menunjuk sejumlah sosok penting di dunia teknologi sebagai dewan penasihatnya, mulai dari Nicholas Negroponte yang merupakan pendiri MIT Media Lab, sampai Jeff Linnel, mantan pimpinan divisi robotik Google.

Dengan tinggi 66 cm dan kecepatan maksimum 35 km/jam, Gita cocok dipakai untuk teman jalan atau bersepeda / Piaggio Fast Forward

Produk perdana Piaggio Fast Forward adalah Gita, yang dalam bahasa Itali berarti "perjalanan pendek". Gita merupakan sebuah robot beroda dua yang dapat bergerak dengan sendirinya atau mengikuti seseorang di depannya. Tugas utamanya adalah mengangkut barang dengan bobot total 18 kilogram.

Gita dapat mengangkut barang bawaan dengan bobot total 18 kg / Piaggio Fast Forward

Dimensinya tidak terlalu besar, dengan tinggi hanya 66 cm. Gita sanggup melesat dengan kecepatan maksimum 35 km/jam, membuatnya ideal untuk menemani konsumen saat berjalan kaki maupun bersepeda. Piaggio pun menjanjikan kelincahan bermanuver yang setara dengan manusia.

Sejatinya ada banyak sekali kegunaan Gita dalam skenario sehari-hari, mulai dari teman berbelanja di pasar, pengantar barang sampai menjadi pendamping anjing kesayangan berjalan-jalan di taman. Demonstrasinya bisa Anda simak pada video-video di bawah.

Gita mengandalkan pemindai sidik jari sebagai pengaman bilik barangnya / Piaggio Fast Forward

Piaggio Gita akan diumumkan secara resmi pada tanggal 2 Februari, dan Piaggio rencananya akan menguji Gita terlebih dulu di kalangan pebisnis. Pun demikian, Piaggio sudah punya niatan untuk merilis produk serupa buat konsumen secara umum.

Sumber: 1, 2, 3.