1. Lifestyle

Piixl Jetpack, Steam Machines Unik Yang 'Bersembunyi' di Belakang TV Anda

Sebelumnya kita sudah melihat dua tipe 'penampakan' Steam Machines yang diusung Valve serta iBuyPower. Kini perusahaan teknologi berbasis London, Piixl, juga turut ambil bagian dalam 'invasi gaming PC ke ruang keluarga' dengan mengenalkan Steam Machines hasil rancangan mereka.

Namun berbeda dari pendekatan kedua varian Steam Machines itu yang mengusung desain a la console, Piixl menggunakan rancangan yang unik dan menamainya dengan julukan Jetpack. Saat menikmati game di Steam Machines buatan mereka, Anda tidak membutuhkan tempat tambahan untuk menaruhnya atau khawatir akan merusak pemandangan karena Jetpack ditambatkan di bagian belakang televisi (atau monitor) - seperti layaknya sebuah jetpack sungguhan.

Desain Jetpack juga dibuat sangat ramping dengan lebar hanya beberapa inci sehingga tidak membuat HDTV Anda terlihat gemuk. Saya mencoba mencari tahu lebih jelas di website mereka, namun saya belum bisa menemukan informasi spesifikasi ataupun teknologi lain yang para desainer tanamkan di dalamnya.

Dari melihat laman Gallery, Jetpack memiliki bagian bracket untuk Anda pasangkan ke TV. Jika perlu mengakses bagian hardware-nya, Anda tidak perlu melepas bracket dari TV karena tampaknya kita bisa menarik Jetpack bak sebuah laci vertikal. Di dalamnya terdapat ruangan-ruangan slot hardware yang berisi motherboard, graphics card, power supply (dirancang sangat tipis), SSD, hard disk, optical drive, serta tiga buah fan pendingin.

Seperti layaknya PC sejati, konektivitas Piixl Jetpack sangat luas. Pada sisi samping, Anda mendapatkan beberapa buah port USB 2.0, enam buah port USB 3.0, beberapa buah slot DVI, port ethernet, port PS2 tradisional (untuk keyboard dan mouse jenis lama), hingga port HDMI dan port audio (input serta output) jack 3,5mm. Tampaknya Jetpack juga menggunakan plug kabel power standar.

Sebenarnya Piixl Jetpack sendiri bukan dibuat khusus untuk dijadikan Steam Machines. Dalam website Piixl, mereka hanya menyebutnya sebagai PC ruang keluarga yang dioptimalkan untuk SteamOS. Kita bisa berasumsi bahwa Jetpack kompatibel baik untuk Windows dan Linux, bahkan untuk fungsi multimedia jika Anda menginginkannya.

Anda ingat dengan Xi3 Piston? sepertinya Jetpack dibuat dengan pendekatan yang sama, dan ia bukanlah Steam Machines 'resmi' yang mendapat dukungan penuh dari Valve.

Klaim Piixl bahwa Jetpack mereka 'kompatibel dengan SteamOS' ini cukup menarik karena kita tahu SteamOS sendiri belum dirilis. Apakah itu artinya Piixl dan Valve telah melakukan perbincangan soal ini?

Satu hal yang pasti, Piixl befungsi optimal dengan TV berukuran 32- hingga 70-inci. Walaupun mereka belum mengumumkan ukuran akurat Jetpack, dari sini kita bisa memperkirakan seberapa besar device ini.

Piixl Jetpack akan meluncur bulan Januari 2014 dan ditawarkan mulai dari harga US$ 1.000 - cukup mahal untuk ukuran home console.

Via IGN.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again