Categories

Social Media

Fitur Baru Pinterest Mudahkan Kolaborasi Antar Pengguna

Jadi mirip Trello, tapi untuk hal-hal yang bersifat fun ketimbang pekerjaan

Glenn Kaonang - 13 July 2018

Dari awal diluncurkan di tahun 2010, Pinterest masih menjadi media sosial yang amat niche. Fungsinya bukan untuk mendekatkan yang jauh (dan menjauhkan yang dekat), melainkan untuk membantu kita mengumpulkan inspirasi secara visual. Kalau menurut saya pribadi, Pinterest bisa dianggap sebagai medium kliping digital.

Kendati demikian, per September tahun lalu, Pinterest mengklaim memiliki lebih dari 200 juta pengguna aktif setiap bulannya. Cukup impresif untuk sesuatu yang tergolong niche, dan itulah mengapa mereka terus melancarkan sejumlah upaya supaya komunitas penggunanya bisa terus terikat dengan platform-nya.

Upaya terbarunya adalah fitur yang memudahkan kolaborasi di antara para Pinner (sebutan untuk pengguna Pinterest) lewat sebuah group board. Dalam setiap group board, pengguna yang tergabung di dalamnya sekarang bisa berkomunikasi satu sama lain dengan lebih mudah.

Pinterest activity feed on group boards

Fungsi-fungsi standar seperti like, comment, reply dan mention kini telah tersedia di group board, dan tentu saja percakapannya hanya bisa dilihat oleh mereka yang terdata sebagai kolaborator dalam group board tersebut.

Memonitor apa saja yang teman-teman Anda rencanakan juga lebih mudah berkat activity feed, yang akan menampilkan semua yang terjadi di group board tersebut. Dari yang sesimpel Pin baru yang disimpan oleh teman Anda, sampai anggota baru yang tergabung dalam group board, semuanya bisa dipantau dari sini.

Secara keseluruhan, tool kolaborasi ini akan memudahkan para Pinner dalam merencanakan proyek maupun acara-acara spesial, seperti pesta ulang tahun kejutan maupun bridal shower misalnya. Pembaruan ini membuat Pinterest jadi mirip Trello di mata saya, hanya saja untuk hal-hal yang bersifat fun ketimbang pekerjaan.

Sumber: TechCrunch dan Pinterest.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id