10 February 2017

by Glenn Kaonang

Pinterest Lens Permudah Pencarian Ide Lewat Objek di Sekitar Anda

Ambil foto buah atau sayur, maka Pinterest akan langsung menyajikan sederet resep masakan dengan bahan terkait

Masih ingat ketika Pinterest meluncurkan fitur Visual Search? Well, Pinterest diam-diam rupanya telah meluangkan waktunya untuk menggodok fitur tersebut hingga menjadi fitur yang mereka namai Pinterest Lens.

Sama seperti Visual Search, Lens berangkat dari konsep dimana Anda kerap kehabisan kata-kata untuk melakukan pencarian terkait suatu ide. Namun kalau Visual Search memanfaatkan gambar yang sudah ada di Pinterest, Lens justru mengajak Anda untuk mengambil gambar beragam objek di sekitar Anda.

Saat Anda mengambil foto sebuah kursi misalnya, Pinterest akan menampilkan sederet Pin yang berisikan kursi-kursi yang mirip, yang masih satu style, atau bahkan tips DIY untuk membuat kursi semacam itu sendiri. Demikian halnya ketika Anda mengambil gambar buah atau sayuran, Pinterest akan menyajikan resep-resep masakan dengan bahan terkait.

Lens saat ini masih dalam tahap beta, tapi Pinterest memastikan bahwa fitur ini beserta AI di baliknya akan terus bertambah sempurna seiring penggunaan. Dalam beberapa minggu ke depan, Lens sudah mulai bisa digunakan oleh pengguna perangkat iOS dan Android di AS terlebih dulu.

Konsep Visual Search yang digagaskan Pinterest kini telah berevolusi menjadi Visual Discovery / Pinterest

Selain Lens, Pinterest turut memperkenalkan fitur lain bernama Instant Ideas. Fitur ini dirancang untuk mempermudah pengguna mencari ide-ide terkait dari suatu Pin dengan cepat, secepat menyentuh satu tombol tepatnya.

Jadi saat melihat sebuah Pin yang menarik, Anda bisa mengklik tombol lingkaran yang ada di ujung kanan bawah untuk membuka sejumlah Pin terkait. Pin-pin ini akan langsung muncul di bawahnya, dan Anda tidak akan dipindahkan ke halaman lain. Instant Ideas saat ini sudah tersedia di iOS, Android maupun web.

Terakhir, Pinterest juga memperkenalkan fitur Shop the Look yang mempermudah proses berbelanja lewat Pinterest, dimana produk-produk akan tersaji berdasarkan kurasi para editor sekaligus algoritma machine learning.

Semua ini merupakan bagian dari paket yang Pinterest juluki dengan istilah Visual Discovery. Pinterest percaya bahwa manusia adalah makhluk visual, dan itulah mengapa mereka terus berupaya untuk menyuguhkan cara-cara baru melakukan pencarian berbasis gambar.

Sumber: Pinterest Blog dan The Verge.