Selama ini, banyak pengguna Pinterest seperti istri saya yang memanfaatkan layanan tersebut sebagai katalog produk-produk yang wajib untuk dibeli. Saat sekarang sedang hamil misalnya, Pinterest-lah yang menjadi tujuan istri saya dalam mencari referensi, mulai dari ranjang bayi sampai botol untuk menyimpan ASI.

Melihat kebiasaan tersebut, semuanya tentu akan menjadi lebih nyaman ketika istri saya bisa membeli barang yang diincar langsung dari Pinterest. Well, kalau saja saya bersama istri saya tinggal di AS, kami sekarang sudah bisa berbelanja di Pinterest seperti ketika kami berkunjung ke retailer online. Pasalnya, layanan yang sudah berusia 5 tahun lebih ini baru saja meluncurkan fitur Pinterest Shop.

Pinterest Shop ini dihadirkan bersamaan dengan dukungan fitur Buyable Pin di aplikasi versi Android-nya. Buyable Pin sendiri merupakan inisiatif Pinterest yang diluncurkan pada bulan Juni kemarin buat pengguna perangkat iOS, dimana idenya adalah pengguna akan menjumpai sejumlah Pin yang bisa dibeli langsung barangnya lewat Pinterest, tepatnya yang memiliki info harga berwarna biru. Jadi selain ada tombol “Pin It” berwarna merah, juga ada tombol “Buy It” berwarna biru.

Kini fitur Buyable Pin tersebut sudah mampir ke aplikasi Pinterest di Android. Sejauh ini diperkirakan sudah ada lebih dari 60 juta barang yang bisa dibeli langsung dari Pinterest. Angka ini cukup fantastis, mengingat fitur Buyable Pin ini baru bisa dinikmati oleh pengguna Pinterest di Amerika Serikat saja.

Pinterest Shop

Bertambah masifnya koleksi Buyable Pin membuat Pinterest memikirkan inisiatif baru berupa Pinterest Shop. Di sini Pinterest akan menyajikan koleksi produk-produk pilihan yang bisa dibeli di Pinterest. Produk-produknya tak hanya yang berasal dari retailer ternama saja, tetapi juga dari butik-butik kecil yang merupakan bisnis rumahan.

Semoga saja Pinterest bisa membawa fitur Buyable Pin dan Pinterest Shop ke kawasan lain sesegera mungkin. Pasalnya, proses transaksinya cukup sederhana dan hanya melibatkan satu aplikasi saja. Metode pembayaran yang didukung adalah via kartu kredit atau Apple Pay, dan sepertinya tidak lama lagi Android Pay juga termasuk.

Sumber: Pinterest Blog.