Bulan kemarin, Pinterest memperkenalkan fitur yang sangat inovatif bernama Lens. Fitur itu pada dasarnya memungkinkan kita untuk melakukan pencarian di Pinterest tanpa perlu mengetikkan satu huruf pun. Sebagai gantinya, pengguna hanya perlu mengambil gambar, dan aplikasi Pinterest akan mencari deretan gambar yang relevan dengan sendirinya.

Lalu bagaimana jika Anda mengakses Pinterest menggunakan perangkat desktop? Jangan khawatir, sebab Pinterest juga telah menyediakan fitur serupa lewat update pada extensionPinterest Save Button untuk browser Chrome – browser lain kabarnya akan segera menyusul.

Berkat extension ini, Anda pada dasarnya bisa melakukan pencarian di Pinterest dari situs apa saja. Cukup arahkan kursor mouse ke gambar apapun, lalu klik icon kaca pembesar yang muncul di kiri atas dan seketika itu juga Pinterest akan menyajikan deretan gambar yang mirip secara visual.

Cara kerja fitur visual search Pinterest di web / Pinterest
Cara kerja fitur visual search Pinterest di web / Pinterest

Ingin melakukan pencarian yang lebih spesifik lagi? Cukup zoom in ke bagian tertentu pada gambar tersebut, dan hasil pencariannya akan di-update secara otomatis. Dari sini Anda bisa terus melakukan pencarian yang lebih mendalam lagi dengan bantuna sederet tag yang muncul di atas, atau mencari menggunakan gambar lain.

Bagian terbaiknya? Anda sama sekali tidak diajak meninggalkan situs yang Anda buka tadinya. Tinggal klik tanda silang di sebelah kanan atas, maka Anda langsung dikembalikan ke situs awal. Berkat fitur ini, gambar apapun yang kita lihat pada dasarnya bisa dijadikan titik awal pencarian ide.

Sumber: Pinterest.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.