10 November 2015

by Glenn Kaonang

Mencari Produk di Pinterest Kini Bisa Menggunakan Gambar

Memanfaatkan tool baru bernama Visual Search yang tersedia untuk desktop sekaligus mobile

Ada jutaan produk menarik yang bisa kita jumpai di Pinterest. Sayangnya, di tengah-tengah lautan produk tersebut, menemukan yang benar-benar kita cari tidak segampang yang kita bayangkan, apalagi kalau kita tidak tahu apa nama dari produk yang kita cari tersebut.

Beruntung Pinterest baru saja memperkenalkan sebuah tool baru yang mereka namai Visual Search. Sederhananya, tool ini dirancang supaya Anda bisa mencari suatu produk berdasarkan gambar dan tanpa harus mendeskripsikan apa-apa.

Contoh skenarionya begini: Anda melihat ada lampu gantung yang sangat indah di sebuah Pin ruang tamu seseorang. Tertarik, Anda ingin menyimak detail lebih lengkap dari lampu tersebut. Sayang sekali, Anda tidak tahu apa merek beserta namanya.

Di sinilah tool Visual Search datang membantu. Dengan menekan icon kaca pembesar di atas kanan, Anda bisa melakukan seleksi terhadap lampu tersebut. Selanjutnya, Pinterest akan menampilkan Pin dari lampu terkait sekaligus beberapa yang mirip dengannya.

Yang tak kalah menarik adalah bagaimana hasil pencariannya bisa ditampilkan secara real-time. Semisal Anda ganti menyeleksi meja di bawah lampu itu – cukup dengan me-resize dan menggeser posisi kotak – maka hasil pencariannya akan langsung berubah menampilkan meja terkait sekaligus meja lain yang mirip.

Fitur Visual Search ini sekarang sudah bisa dinikmati oleh semua pengguna Pinterest, baik yang biasa mengakses lewat desktop atau lewat perangkat mobile.

Sumber: Pinterest Blog.