Pernahkah Anda melihat suatu foto di internet lalu penasaran seperti apa sang fotografer mengeditnya? Apakah cuma exposure dan kontrasnya saja yang disesuaikan? Atau mungkin highlight dan shadow-nya juga ikut diutak-atik, demikian pula untuk vibrance-nya? Kalau software editing yang Anda gunakan adalah Lightroom, Anda pasti akan merasa terbantu oleh situs baru bernama Pixel Peeper ini.

Web app sederhana ini dirancang secara spesifik untuk menampilkan informasi EXIF (nama kamera beserta lensa yang digunakan, aperture, shutter speed, ISO dan lain sebagainya) dari suatu foto berformat JPEG, sekaligus semua parameter yang diedit menggunakan Lightroom. Ya, sayang sekali Anda tak bisa ‘mengintip’ parameter foto-foto yang diedit menggunakan software lain.

Pixel Peeper

Cara kerjanya sederhana: cukup unggah foto yang hendak diintip, lalu Anda bisa melihat deretan slider di sebelah kanan yang tampilannya persis seperti di Lightroom, lengkap dengan angka-angka yang menunjukkan hasil editannya. Informasi EXIF-nya sendiri dibeberkan di bagian bawah.

Tentu saja semua informasi ini tidak akan muncul apabila sang fotografer memutuskan untuk menghapus semua data EXIF ketika meng-export foto ke format JPEG plus data semua editannya menggunakan Lightroom.

Di samping itu, fitur terbaru Pixel Peeper adalah Preset Finder, yang memungkinkan pengguna untuk mengidentifikasi preset apa yang digunakan pada suatu foto. Situs ini bisa diakses secara cuma-cuma, tapi kalau Anda juga mendaftar sebagai akun premium dengan biaya $25 per tahun, Anda juga bisa mengecek foto dengan cara mencantumkan URL, tanpa harus mengunggah apapun.

Sumber: DPReview dan PetaPixel.