20 February 2017

by Glenn Kaonang

Pixlplay Ubah Smartphone Lawas Anda Menjadi Kamera untuk Anak-Anak

Bukan bersifat dekoratif, tombol shutter milik Pixlplay benar-benar bisa dipakai untuk mengambil gambar

Sebagian besar dari kita pasti memiliki smartphone yang sudah tidak terpakai. Daripada dibiarkan menganggur, tidak ada salahnya jika perangkat-perangkat tersebut kita manfaatkan untuk mengajari anak-anak soal fotografi, bukan? Kalau Anda setuju, Anda mungkin bakal tertarik mendengar produk bernama Pixlplay ini.

Pixlplay merupakan sebuah casingsmartphone yang bentuknya menyerupai kamera 35 mm klasik. Menariknya, desain ini dibuat bukan semata untuk keperluan estetika saja, tapi juga ada fungsi khususnya: yakni tombol shutter yang fungsional, plus sepasang kenop fisik yang bisa diputar-putar untuk semakin memberikan kesan realistis.

Tanpa mengandalkan koneksi Bluetooth, tombol shutter ini bisa ditekan untuk mengambil gambar menggunakan hampir semua aplikasi kamera yang ada. Ya, Pixlplay kompatibel dengan perangkat iOS maupun Android, dan mekanisme penjepitnya membuat casing ini kompatibel dengan berbagai ukuran smartphone, kecil ataupun besar.

Pixlplay kompatibel dengan perangkat iOS maupun Android, baik yang berukuran kecil maupun besar / Pixl Toys

Rahasianya terletak pada konektor 3,5 mm yang perlu ditancapkan ke jack headphone ponsel – mohon maaf wahai pengguna iPhone 7 dan Moto Z. Lebih lanjut, layar sentuh ponsel masih dapat dioperasikan selagi berada di dalam casing.

Selebihnya, termasuk sepasang kenop itu tadi, hanya bersifat dekoratif. Pun demikian, Pixlplay sanggup memberikan proteksi yang cukup pada perangkat. Grip berukuran besar yang berlapis karetnya juga dipastikan bisa memantapkan genggaman sang anak.

Namun yang paling menarik adalah harganya. Di Kickstarter, Pixlplay bisa didapat seharga $25 saja, dan ini sudah termasuk sebuah strap plus kartu-kartu aktivitas yang bisa dijadikan inspirasi oleh anak-anak.