Categories

Feature

Menilik Investasi Properti lewat Platform Crowdfunding PropertiLord

Memudahkan semua kalangan lakukan investasi properti

Ilham Sanjaya - 9 July 2020

Salah satu kemudahan yang dihadirkan oleh inovasi teknologi di industri keuangan adalah mudahnya masyarakat melakukan investasi di berbagai instrumen, tak terkecuali properti. Bila berbicara tentang investasi properti, mungkin yang pertama kali terlintas di pikiran adalah modal yang besar dan syarat yang berlapis untuk memiliki aset properti kita sendiri. Masalah-masalah tersebut saat ini coba diatasi oleh penyedia platform investasi crowdfunding properti.

Melalui platform investasi crowdfunding properti, saat ini masyarakat telah dapat berinvestasi di sektor properti dengan modal yang lebih sedikit dan lebih cepat tanpa syarat yang berlapis melalui bantuan teknologi. Bagi para pemilik properti, hadirnya platform investasi crowdfunding membuat mereka bisa mendapatkan dana tambahan tanpa perlu kehilangan seluruh kepemilikan properti seutuhnya. Bagi para investor, platform ini memperlihatkan bahwa properti dapat menjadi instrumen investasi yang dapat dimiliki oleh siapapun dengan berbagai keunggulannya. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut kami hadirkan keunggulan investasi crowdfunding properti sebagai salah satu pilihan instrumen investasi Anda.

Kemudahan Investasi dengan Bantuan Teknologi

Melalui platform investasi crowdfunding properti, Anda dapat segera memiliki properti sebagai instrumen investasi dengan proses yang sangat mudah. Mulai dari keabsahan dokumen hingga detail bentuk dan lokasi properti sudah tersedia dalam platorm tersebut. Hal ini membuat Anda cukup mengakses aplikasi ataupun website yang tersedia. Dengan begitu, Anda tidak perlu keluar rumah, mengurus berbagai kebutuhan dokumen, atau repot-repot mengecek properti yang ingin dimiliki kepemilikan propertinya secara langsung. Kemudahan ini juga dapat menambah kepercayaan diri Anda yang mungkin sebelumnya belum pernah atau ragu untuk terjun ke dalam investasi properti.

Selain diberikan kemudahan dalam melakukan investasi, platform investasi crowdfunding properti juga membuat kita tidak harus menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan biaya untuk melakukan pemeliharaan aset properti yang dimiliki. Investor tidak perlu terlibat bila terjadi kerusakan terhadap aset karena telah diurus oleh pemilik properti utama. Hal ini membuat keuntungan dari investasi tetap terjaga tanpa perlu terganggu biaya tambahan yang harus dikeluarkan untuk melakukan perawatan aset yang diinvestasi. Sebagai investor, Anda cukup memantau perkembangan nilai investasi melalui aplikasi untuk menjadi pertimbangan dalam mengelola instrumen investasi.

Instrumen Investasi yang Tidak Rentan Fluktuasi

Salah satu keunggulan lain dalam menggunakan platform investasi crowdfunding properti adalah kita dapat melakukan investasi properti dengan modal yang lebih kecil tapi tetap mendapatkan keuntungan dari harga properti yang terus naik dan tidak rentan fluktuasi. Investor juga bisa mendapatkan keuntungan melalui penjualan token properti di pasar sekunder seperti yang tersedia di platform PropertiLord. Selain itu, karena adanya kenaikan capital gain saat pembelian dan penjualan token, hal ini juga membuat investasi properti melalui platform tersebut menjadi lebih likuid. Lalu, bila aset properti tersebut disewakan untuk kepentingan komersial Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari pembagian hasil sewa terhadap investor sesuai dengan jumlah kepemilikan token aset properti. Tentunya hal ini menjadi keunggulan yang dimiliki oleh platform investasi crowdfunding properti, dibandingkan dengan berinvestasi di properti yang masih dalam tahap pembangunan.

Dari segi pasarnya sendiri, Anda juga tidak perlu khawatir karena nilai properti memiliki kecenderungan untuk naik dari waktu ke waktu. Berdasarkan laporan Property Market Index dari Rumah.com, indeks harga properti hunian diperkirakan akan mengalami kenaikan pada kisaran 6-9% (y-o-y) di akhir tahun 2020 ini. Sektor properti juga dikenal dengan sektor investasi yang aman, minim risiko, dan tidak rentan pada fluktuasi jangka pendek. Hal ini juga didukung oleh kebutuhan akan properti untuk tempat tinggal ataupun kebutuhan bisnis yang terus meningkat, sementara ketersediaan lahan semakin langka tiap tahunnya. Selain itu, menurut CEO PropertiLord, Leon Hidajat, sektor properti juga tidak akan terlalu terpengaruh oleh pandemi Covid-19, meskipun sangat berpengaruh ke sektor investasi yang lain.

Grafik perbandingan beberapa instrumen investasi (sumber: propertilord.com)

Bila dibandingkan dengan instrumen lain, investasi properti memiliki cukup banyak keunggulan. Seperti terlihat pada grafik di atas, instrumen properti memiliki volatilitas yang lebih rendah dan keuntungan yang lebih tinggi dan stabil dibandingkan beberapa instrumen investasi lain seperti emas, reksadana, dan deposito. Selain itu, Anda juga dapat terhindar dari fluktuasi jangka pendek seperti pada instrumen saham, atau adanya kemungkinan gagal bayar (non-performing loan) seperti saat berinvestasi melalui platform peer-to-peer lending.

Siapapun Kini Bisa Investasi Properti

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, keunggulan utama dari berinvestasi menggunakan platform investasi crowdfunding properti ini memberikan siapapun kesempatan untuk memiliki instrumen investasi berupa properti dengan modal yang minim. Secara tradisional, mungkin dalam melakukan investasi properti, Anda perlu melakukan pembelian secara penuh. Hal tersebut tentu memakan waktu dan biaya yang besar. Akan tetapi, sistem crowdfunding ini membuat Anda dapat memiliki keuntungan dari hasil sewa properti dengan memiliki token properti tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar.

Salah satu cara untuk melakukan pembagian hasil sewa properti adalah kepemilikan properti dipecah menjadi lebih kecil dan dikonversikan dengan menggunakan sistem tokenisasi digital yang ke depannya akan didukung dengan teknologi blockchain. Tokenisasi adalah sebuah proses mengubah dan membagi keseluruhan nilai aset menjadi potongan nilai yang lebih kecil dalam bentuk token. Contohnya, bila keseluruhan aset bernilai satu miliar rupiah, saat dibagi menjadi potongan lebih kecil dapat menjadi hanya sepuluh ribu rupiah per token dengan total seratus ribu token yang bisa diperjualbelikan.

Tokenisasi ini membuat seorang investor dapat berinvestasi properti dengan modal yang sangat minim. Selain itu, para investor juga dapat melakukan diversifikasi portofolio investasi properti yang lebih beragam karena hanya membutuhkan modal yang sedikit pada satu portofolio sehingga keuntungan yang didapat bisa lebih tinggi serta menghindari risiko jatuhnya nilai pada instrumen tertentu.

Semua kemudahan yang diberikan oleh platform investasi crowdfunding properti untuk menjangkau seluruh lapisan masyarakat supaya kini dapat berinvestasi di properti tanpa membutuhkan modal yang besar ini tersedia melalui platform PropertiLord. Melalui platform ini, Anda dapat melakukan investasi properti mulai dari sepuluh ribu rupiah per tokennya. Selain itu Anda juga dapat melakukan jual beli token yang dimiliki melalui pasar sekunder sehingga kemungkinan untuk mendapat keuntungan semakin beragam.

Untuk memberi Anda kemudahan dalam menggunakan platformnya, PropertiLord kini juga telah tersedia dalam bentuk aplikasi yang dapat diunduh melalui Play Store maupun App Store. Dengan menggunakan platform investasi crowdfunding properti seperti ini, Anda sekarang sudah dapat melakukan investasi properti sendiri dengan mudah, aman, dan menguntungkan.

Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh PropertiLord

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter