Platform Ikigai Siap Bantu Calon Mahasiswa Temukan Universitas Sesuai Karakter

Platform Ikigai Siap Bantu Calon Mahasiswa Temukan Universitas Sesuai Karakter

Mengandalkan tes psikologi dan pencocokkan karakter
Ikigai adalah platform yang menyediakan kemudahan memilih perguruan tinggi sesuai karakter
Ikigai adalah platform yang menyediakan kemudahan memilih perguruan tinggi sesuai karakter

Pasangan suami istri Frisky Nurmuhammad dan Hana Nurmuhammad melihat potensi dan peluang penggunaan teknologi untuk menghubungkan perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri dengan para calon mahasiswa. Akhirnya lahirlah Ikigai. sebuah platform yang menyediakan fasilitas untuk mengetahui kepribadian atau karakter dan kemudian memberikan rekomendasi perguruan tinggi mana yang akan dipilih.

Pengguna Ikigai dimungkinkan menjelajahi lebih dari 150 pilihan program studi, pilihan perguruan tinggi hingga nantinya bisa langsung mendaftar ke perguruan tinggi yang menjadi partner Ikigai.

“Nama Ikigai berasal dari filsafat Jepang yang berarti ‘alasan untuk hidup’. Masyarakat Jepang percaya bahwa setiap orang memiliki ikigai, yakni sesuatu yang menjadi semangat mereka ketika bangun pagi, sesuatu yang membuat orang  menjalani kegiatannya dengan bahagia. Ikigai bisa berupa pekerjaan, hobi, hubungan, atau apapun yang membuat hidup orang tersebut bermakna. Kami percaya mengenalkan anak pada jati dirinya, kemudian membimbingnya untuk memilih masa depan yang sesuai karakternya adalah salah satu jalan untuk menemukan ikigai mereka,” terang Hana menjelaskan filosofi bisnisnya.

Ikigai mulai soft launching pada awal tahun ini dengan mengadakan roadshow ke beberapa sekolah di Jabodetabek. Dalam roadshow tersebut mereka memberikan workshop mengenai pentingnya memilih pendidikan yang cocok sesuai dengan karakter siswa. Ikigai sendiri diharapkan bisa digunakan oleh seluruh siswa di Indonesia, termasuk juga di ASEAN mengingat tujuan awal mereka menghubungkan perguruan tinggi dalam maupun luar negeri.

“Masalah yang ingin kami selesaikan adalah ketidakmerataan akses informasi mengenai perguruan tinggi. Saat ini masih banyak misinformasi mengenai jumlah jurusan, prospek kerja dan perguruan tinggi itu sendiri, sehingga siswa bisa jadi memilih jurusan yang tidak sesuai dengan dirinya dan kalah dalam kompetisi pencarian kerja. Akses terhadap informasi tentang pilihan perguruan tinggi yang ada di Indonesia juga masih tidak merata dan masih diwarnai miskonsepsi bahwa perguruan tinggi swasta tidak bagus atau perguruan tinggi swasta sangat mahal,” lanjut Hana.

Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut Ikigai didesain dengan berbagai fitur, mulai dari fitur tes psikologi, profil universitas, lebih dari 150 database jurusan kuliah dan yang sedan disiapkan sistem aplikasi pendaftaran universitas dan Student tracking system yang rencananya bisa diluncurkan tahun ini.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Interview
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…