Fokus Raena Dukung Influencer Media Sosial Menjadi Entrepreneur

Fokus Raena Dukung Influencer Media Sosial Menjadi Entrepreneur

Ajak para influencer untuk kembangkan brand produk milik mereka sendiri
Fokus Raena cetak lebih banyak entrepreneur media sosial / Pexels
Fokus Raena cetak lebih banyak entrepreneur media sosial / Pexels

Besarnya penetrasi media sosial saat ini coba digali oleh Raena untuk menghadirkan peluang bisnis. Mereka hadir sebagai platform yang secara khusus membantu kegiatan promosi memanfaatkan influencer media sosial. Bukan hanya efektif mempromosikan produk dari berbagai brand, tapi kesempatan entrepreneurship bagi pengguna media sosial itu sendiri.

Berangkat dari pengalaman bekerja sebelumnya di berbagai platform e-commerce besar di AS seperti Amazon hingga turut mendirikan startup Flyrobe di India, Founder & CEO Raena Sreejita Deb akhirnya memilih mengembangkan konsep e-commerce enabler memanfaatkan influencer untuk ditekuni sebagai startupnya sendiri.

Mendukung influencer menjadi entrepreneur

Kepada DailySocial Sreejita Deb menegaskan, di Tiongkok dan Amerika Serikat saat ini sudah memiliki banyak media sosial influencer yang pada akhirnya menciptakan produk mereka sendiri. Untuk kegiatan pemasaran mereka memanfaatkan jumlah pengikut di akun media sosial masing-masing. Keputusan perusahaan mulai melirik Indonesia, setelah melihat besarnya jumlah influencer dari kalangan perempuan yang menyukai produk kecantikan, fesyen hingga produk khusus ibu dan anak.

“Di Indonesia kami mencatat sebanyak 50% influencer berasal dari kalangan perempuan. Besarnya pengaruh serta jumlah pengikut mereka menjadi alasan bagi kami untuk mengembangkan platform media sosial di Indonesia.”

Berbeda dengan platform marketplace influencer lainnya, Raena bukan hanya ingin bermitra dengan influencer yang berkualitas, namun juga menciptakan entrepreneur baru dari kalangan influencer dengan menciptakan produk kecantikan hingga perawatan wajah milik mereka sendiri.

Makin besarnya minat masyarakat umum untuk mengonsumsi produk independen di luar dari produk yang dihadirkan oleh brand besar seperti P&G hingga Unilever, menjadi salah satu potensi yang saat ini tengah dikembangkan oleh Raena.

“Salah satu kesuksesan yang terjadi di Amerika Serikat adalah produk khusus untuk ibu dan anak milik selebriti Hollywood Jessica Alba bernama The Honest Company. Dengan produk khusus dan kegiatan pemasaran memanfaatkan media sosial, The Honest Company mampu bersaing sehat dengan brand besar di AS,” kata Sreejita.

Raena mengklaim saat ini sudah memiliki mitra supplier terpercaya hingga kemitraan dengan logistik pihak ketiga yang bisa membantu influencer untuk memulai usaha. Meskipun memiliki kemiripan model bisnis dengan brand besar, namun Raena mengklaim memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

“Karena kami startup, tentunya proses serta pengambilan keputusan jauh lebih cepat dibandingkan perusahaan besar. Karena alasan itulah tahun 2019 ini kami memiliki target untuk meluncurkan 7 produk baru yang bisa diakses di situs kami. Ke depannya kami juga berencana untuk memiliki official store di marketplace seperti Shopee dan lainnya,” kata Sreejita.

Salah satu produk yang telah diluncurkan beberapa waktu lalu adalah Lalabee yang diperuntukkan bagi orang tua milenial yang menginginkan produk untuk anak-anak yang aman dan bebas dari bahan-bahan berbahaya. Menggandeng influencer Moonella dan Marsson, sekaligus jadi mitra Raena pertama di Indonesia.

Untuk strategi monetisasi, Raena hanya akan mengumpulkan pendapatan jika produk terjual. Dari hasil tersebut kemudian akan dibagikan dengan influencer.

Merangkul lebih banyak influencer

Saat ini Raena telah memiliki 5 influencer besar Indonesia dan berencana untuk mengumumkan lebih banyak peluncuran merek lain segera. Kebanyakan influencer yang bergabung dengan Raena adalah mereka yang memiliki lebih dari 1,5 juta pengikut dan memiliki engagement yang kuat dengan pengikut. Proses kurasi dilakukan oleh tim Raena secara khusus.

Untuk kegiatan pemasaran, Raena juga membantu influencer mendapatkan pendapatan lebih sekaligus membantu brand mempromosikan produk mereka.

“Kami meluncurkan Raena untuk bermitra dengan influencer yang memiliki nilai-nilai positif, fokus terhadap pelanggan dan mengerti media sosial. Selain produk kecantikan untuk perempuan, kami juga memiliki rencana untuk menghadirkan produk serupa untuk pria,” tutup Sreejita.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Interview
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…