Categories

Interview

Platform "Laundry On-Demand" Spanyol Mr Jeff Hadir di Indonesia Desember Mendatang

Indonesia menjadi kantor pusat regional Mr Jeff di Asia

Yenny Yusra - 25 October 2019

Platform laundry on-demand yang menawarkan konsep waralaba dari Valencia, Spanyol, Mr Jeff mengumumkan kehadirannya secara resmi bulan Desember 2019 mendatang. Indonesia rencananya menjadi kantor pusat regional di Asia. Selain di Indonesia, perusahaan berencana membuka waralaba di Filipina dan Singapura hingga akhir tahun.

Kepada DailySocial, VP of Expansion Mr Jeff Christakis Theodorou Villalta mengungkapkan, Indonesia sengaja dipilih melihat dari populasi yang besar dan pesatnya tingkat penetrasi smartphone dan internet.

"Akhir tahun ini bisa kami pastikan Mr Jeff akan resmi hadir di Indonesia dan secara langsung aplikasi bisa langsung digunakan. Kami juga telah menggandeng 12 mitra yang nantinya akan memiliki [gerai] waralaba."

Tahun ini perusahaan telah menerima pendanaan Seri A senilai $12 juta yang dipimpin All Iron Ventures untuk meningkatkan ekspansi internasionalnya.

Konsep waralaba

Berbeda dengan layanan laundry on-demand yang lebih dulu hadir, yang rata-rata menggandeng laundry independen, struktur yang diterapkan Mr Jeff adalah eksklusivitas jaringan waralaba. Mitra waralaba harus memiliki kendaraan untuk melakukan penerimaan dan pengiriman hasil laundry ke rumah pelanggan.

"Kami memastikan tim Mr Jeff akan memberikan pelatihan, konsultasi bisnis dan pemilihan lokasi yang relevan memanfaatkan data dan sumber daya yang kami miliki. Dengan demikian bisa meningkatkan bisnis mereka dengan bergabung menjadi mitra di Mr Jeff," kata Christakis.

Menurut penelitian perusahaan, layanan laundry populer di kalangan generasi muda dan dianggap sebagai pekerjaan rumah tangga yang paling tidak disukai. Mr Jeff mencatat kawasan seperti apartemen dan perkantoran menjadi sasaran ideal layanannya.

Skema bisnis berlangganan

Belum mencakup semua wilayah, Mr Jeff akan hadir di kawasan tertentu di Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Banjarmasin.

"Kami melihat yang memutuskan untuk bergabung dengan waralaba Mr. Jeff tidak hanya pemilik bisnis laundry, namun juga masyarakat umum yang tertarik untuk memiliki bisnis laundry. Dengan pendekatan digital, kami ingin memberikan layanan yang terpadu untuk mereka yang tertarik bergabung dengan Mr Jeff," kata Christakis.

Aplikasi Mr Jeff memungkinkan pengguna memesan layanan laundry sesuai permintaan melalui model berlangganan. Menggunakan aplikasi, web, atau jaringan waralaba, pelanggan dapat memilih lokasi, waktu dan hari yang diharapkan untuk mengumpulkan dan mengirimkan cucian mereka.

Pengemudi nantinya akan mengunjungi rumah atau kantor pengguna, mengumpulkan pakaian dan mengembalikannya setelah pakaian dibersihkan dan disetrika.

Saat ini pilihan pembayaran yang disediakan Mr. Jeff adalah melalui transfer bank, kartu kredit, dan uang tunai. Rencananya Mr Jeff akan menggandeng layanan dompet digital sebagai pelengkap.

"Tentunya semua masih dalam tahap penjajakan. Jika nantinya sudah final kami harapkan bisa mempermudah pelanggan di Indonesia untuk melakukan pembayaran," kata Christakis.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter