Categories

Internet

Google Umumkan Poly, Semacam Portal untuk Saling Berbagi Aset 3D untuk AR dan VR

Terintegrasi dengan baik ke Blocks maupun Tilt Brush

Glenn Kaonang - 2 November 2017

Bulan Juli lalu, Google meluncurkan aplikasi VR untuk 3D modeling bernama Blocks. Ide di balik Blocks adalah memberikan kemudahan untuk menciptakan objek 3D, yang kemudian dapat digunakan pada konten augmented reality maupun virtual reality.

Baru-baru ini, Google mengumumkan Poly, semacam portal untuk saling berbagi aset 3D. Poly sengaja dirancang agar terintegrasi ke Blocks maupun Tilt Brush, sehingga kreator dapat langsung mengunggah hasil karyanya dan saling menginspirasi satu sama lain.

Integrasinya tidak berhenti sampai di situ saja. Beberapa objek 3D di Poly ada yang mengemas tag “Remixable”, yang berarti kreator lain bisa meng-import dan memodifikasinya secara langsung di Blocks atau Tilt Brush. Saat hasil modifikasinya diunggah, Poly otomatis akan mencantumkan kredit dan tautan menuju kreator aslinya.

Google Poly

Pencantuman kredit ini penting mengingat semua objek 3D yang tersimpan di Poly dapat digunakan secara cuma-cuma. Di samping karya komunitas, Google tentunya tidak lupa menyelipkan sejumlah objek 3D hasil karya tim internalnya.

Sepintas Poly terdengar hanya bermanfaat bagi kalangan developer saja. Namun sebenarnya siapapun bebas mengakses Poly untuk menikmati koleksi objek 3D-nya di browser perangkat desktop maupun mobile. Suka dengan model tertentu, Anda bisa lanjut mengamatinya menggunakan VR headset atau membagikannya ke pengguna lain dalam format GIF.

Sumber: Google.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter