9 December 2014

by Yoga Wisesa

PlayStation 4 Edisi Ulang Tahun ke-20 Ditawarkan Lebih Dari Rp 200 Juta

Selain logam mulia dan properti, tampaknya membeli console game edisi terbatas merupakan cara baru yang sangat menguntungkan dalam berinvestasi. Anda ingat PlayStation 4 edisi ulang tahun PlayStation ke-20 yang diumumkan Shuhei Yoshida minggu lalu? Di eBay, ia dilelang dan dijual dengan harga belasan hingga berpuluh-puluh kali lipat.

Melalui pengumuman resmi Sony, PlayStation 4 Anniversary Edition dibanderol € 500 atau Rp 7,4 juta setelah masuk ke Indonesia. Sayang ia diproduksi terbatas, cuma diciptakan 12.300 unit. Di artikel sebelumnya, saya memprediksi home console edisi spesial ini akan ditawarkan puluhan ribu dolar ketika PlayStation selanjutnya tersedia nanti. Namun tak perlu menunggu terlalu lama, di eBay, PS4 edisi hari lahir dijajakan hingga ratusan juta Rupiah.

Tak percaya? Silakan klik tautan ini. Anda bisa menyaksikan sendiri bagaimana console seharga Rp 7,4 juta berubah menjadi belasan sampai puluhan juta. Mungkin kita berpikir, orang waras mana yang mau membelinya? Tapi jangan salah, belum lama seseorang baru saja memenangkan lelang PS4 Anniversary Edition unit pertama seharga £ 4.800, atau senilai Rp 92, 4 juta.

Menariknya, jumlah tersebut masih belum seberapa dibandingkan seandainya Anda memilih membeli tanpa lelang. Di sana, PlayStation 4 Anniversary Edition dijual seharga US$ 17.770 atau sekitar Rp 220 juta. Harga lelang paling kecil saja sudah melewati Rp 9 juta. Lalu kalau semahal ini, kenapa tidak melalui channel Sony resmi saja? Hebatnya, seluruh 12.300 unit Anniversary Edition habis terjual - hanya tiga hari setelah ajang PlayStation Experience usai.

 

Info menarik: Inilah PlayStation 4 Edisi Ulang Tahun ke-20

 

Mengapa PlayStation 4 Anniversary Edition begitu diburu? Ternyata Sony mengusung edisi spesial itu dengan detail sangat canggih. Dari jauh, body kelabu yang menyerupai PlayStation pertama tampak bertekstur. Tapi ketika Anda lihat lebih dekat, ternyata tekstur tersebut adalah sususan ikon X, kotak, segi tiga, lingkaran dan angka 20. Tiap unit tertulis nomor seri dari 1 sampai 12.300. Dan sudah tentu, kombinasi angka-angka tertentu membuatnya lebih mahal lagi.

Di sana juga tertempel logo klasik PlayStation - berwarna merah, kuning, hijau tosca dan biru. Ia dibundel bersama sebuah controller DualShock 4 dengan finishing warna dan logo serupa, PlayStation Camera serta aksesoris Vertical Stand. Sepertinya mayoritas pemilik lelang di eBay memang berniat untuk menjualnya lagi, Anda akan melihat banyak keterangan 'sealed', 'factory sealed' dan 'brand new'.

Jika bukan kolektor obsesif, saya menyarankan agar Anda tak perlu memusingkannya. Silakan beli edisi standar PlayStation 4. Ia tersaji dalam dua pilihan warna, jet black dan glacier white.

Sumber: Sony.com. Via Escapist Magazine. Sumber tambahan: Engadget.