PlayStation Network Sempat Alami Gangguan

PlayStation Network Sempat Alami Gangguan, Sejumlah Game Tak Bisa Dimainkan

Berdasarkan status Nerwork Service PSN saat ini, semua layanan sudah kembali normal, termasuk Gaming And Social.
DualShock 4 crystal blue.
DualShock 4 crystal blue.

Sony Interactive Entertainment memang berada di atas angin karena berhasil menjual console current-gen terbanyak dan melepas game-game first-party terbaik di tahun ini, tapi tak sedikit konsumen yang belakangan kecewa terkait keputusan pemilik platform buat memblokir akses fitur cross-play pada sejumlah game saat pemain console lain sudah bisa bermain bersama.

Dan jika Anda bingung mengapa permainan-permainan PlayStation 4 tidak bisa dimainkan atau mode multiplayer/online tidak dapat diakses, saya punya kabar baik dan buruk buat. Kabar baiknya, Anda tidak sendiri, banyak user lain mengalami hal serupa. Berita buruknya, sumber masalahnya terdapat pada gangguan PlayStation Network yang disebabkan oleh kerusakan server.

Informasi tersebut dikonfirmasi langsung oleh Sony Interactive Entertainment melalui Twitter resmi PlayStation. Sekiar tujuh jam yang lalu, mereka menuliskan: “Kami menyadari para pengguna menemui kendala dalam mengakses sejumlah fitur di PSN. Terima kasih atas kesabaran Anda, saat ini kami sedang menginvestigasi masalahnya.”

 

 

Di sana, Sony memang tidak mengungkap lebih detail apa penyebabnya. Namun berdasarkan pemantauan GameSpot (beberapa jam lalu), website PSN menunjukkan kendala di layanan Gaming And Social. Di sana tertulis pesan: “Anda mungkin akan menemui masalah saat meluncurkan permainan, aplikasi atau fitur-fitur online. Buat sekarang, teknisi kami sedang bekerja mengatasi problemnya secepat mungkin, dan kami ucapkan terima kasih karena Anda sudah mau bersabar.”

Saya belum sempat menyalakan PlayStation 4 buat mengeceknya secara langsung, namun berdasarkan status Nerwork Service PSN saat ini, semua layanan telah kembali normal, termasuk Gaming And Social.

Sejumlah developer membenarkan bahwa gangguan PlayStation Network tersebut menyebabkan permainannya bermasalah, termasuk Destiny 2 buatan Bungie. Selain itu, kendala ini juga memperkeruh problem implementasi update Fortnite Season 5 di PS4. Begitu parahnya masalah itu (gamer harus mengantri lama, sampai setengah jam lebih untuk mengunduhnya), developer terpaksa mematikan sementara server mereka.

Sony belum memberikan informasi baru terkait PlayStation Network di Twitter, namun saat artikel ini ditulis, status layanan tersebut tampaknya sudah berjalan seperti biasa. Beberapa menit lalu, Epic Games sendiri mengabarkan bahwa server mereka telah beroperasi lagi dan Anda ‘diperkenankan kembali ke ruang tunggu’.

Via GameSpot & Forbes.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…