PlayStation Now ialah layanan cloud gaming yang disiapkan Sony sebagai solusi atas absennya kemampuan backward compatibility di console current-gen mereka. Sejak tersedia di bulan Januari 2014, PS Now menyuguhkan game-game PlayStation 3 untuk dimainkan di platform baru. Namun belakangan, tampaknya sang penyedia servis memutuskan untuk mengubah strategi.

Bulan lalu, Sony mengumumkan untuk menghentikan layanan PS Now di console PlayStation 3, PS Vita, PS TV dan televisi Sony Bravia; kini hanya bisa diakses dari console PlayStation 4 dan PC. Info ini terdengar buruk, namun ada satu titik cerah di arahan baru tersebut: nantinya PlayStation Now tak cuma menghidangkan judul-judul lawas saja, tapi juga akan menyajikan permainan-permainan PlayStation 4.

Lewat langkah ini, secara teknis tak akan ada lagi ‘game eksklusif’ PlayStation 4. Di-update secara berkala, semua judul di sana kabarnya dapat dinikmati tanpa perlu membelinya selama Anda jadi pelanggan PS Now. Fiturnya sendiri tak berbeda dari sebelumnya, di mana progres dan achievement Anda disimpan secara cloud, bisa diakses saat dimainkan di unit PlayStation 4 berbeda atau dilanjutkan di PC.

Untuk sekarang, Sony masih belum mengungkap seluruh detail mengenai implementasinya. Yang jelas, permainan-permainan PS4 itu akan menambah koleksi di library PS Now – kini terhitung ada 483 judul. Mereka punya agenda buat melangsungkan uji coba ‘privat’ game-game PS4 di PS Now dalam beberapa minggu lagi, dan jika Anda kebetulan merupakan pelanggan, jangan lupa cek inbox karena ada peluang Sony mengirimkan undangan.

Via blog PlayStation, Sony turut mengumumkan 10 permainan terpopuler di PlayStation Now bulan Februari 2017. Ini dia daftarnya:

  • Red Dead Redemption
  • Tekken Tag Tournament 2
  • Mortal Kombat
  • WWE 2K15
  • The Last of Us
  • Mafia II
  • Injustice: Gods Among Us
  • NBA 2K14
  • Sid Meier’s Civilization Revolution
  • Batman Arkham Origins

Jika Anda ingin mencoba layanan tersebut  namun masih ragu berkomitmen untuk mengeluarkan US$ 20 per bulan, Sony menyediakan program trial gratis selama satu minggu. Perlu diingat bahwa PlayStation Now baru tersedia resmi di negara-negara tertentu saja seperti Amerika, Inggris, Belgia dan Belanda. Lalu agar konten tersaji optimal, Anda disarankan mempunyai sambungan internet setidaknya 5-Mbps.

Selain paket langganan per bulan sebesar US$ 20, tersedia pula program rental (dalam waktu 4-jam, 7-hari, 30-hari dan 90-hari) serta langganan tiga bulan seharga US$ 45.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.