4 March 2013

by wiku

PlazaPos, Toko Online dari PT Pos Indonesia

PT Pos Indonesia merambah layanan belanja online dan menghadirkan PlazaPos, yang merupakan layanan e-commerce untuk barang mewah impor. PlazaPos hadir atas kerja sama dengan ConnectingLife Singapura, barang yang dijual adalah barang impor untuk jam tangan, gadget, aksesoris, fashion serta berbagai barang lain.

Kalau dilihat dari situsnya, layanan ini juga sebagai bagian dari ulang tahun Pos Indonesia yang ke 266. Tampilan awal ketika mengunjungi akan menyajikan splash screen yang menyajikan lihan produk yang akan dilihat pengguna. Klik salah satu pilihan kategori untuk melihat koleksi barang yang dijual.

Layanan ini sebenarnya sudah hadir sejak 12 Desember kemarin dan masih terus meningkatkan sistem keamanan serta penyediaan komputer di kantor pos. Layanan jual beli online dari Pos Indonesia ini juga nantinya akan dilengkapi dengan akses langsung di kantor pos. Pos Indonesia akan menyediakan komputer dan internet bagi mereka yang tidak memiliki akses langsung ke internet dan memesan barang melalui petugas pos. Harga yang dijual juga sudah termasuk biaya impor atau bea cukai dan pajak namun belum termasuk ongkos kirim ke tujuan akhir. Pembayaran bisa dilakukan dengan kartu debit dan kartu kredit, dengan pengiriman barang rata-rata 21 hari kerja atau sekitar satu bulan riil kecuali hari besar atau libur yang perlu waktu lebih lama.

Industri e-commerce memang sedang tumbuh pesat di Indonesia. Langkah ini tentunya sangat menarik, Pos Indonesia bisa jadi salah satu perusahaan logistik yang memiliki cabang atau titik pengantaran terluas di Indonesia. Meski tidak lazim karena perusahaan logistik membuat e-commerce mereka sendiri, namun masuknya Pos Indonesia ke ranah e-commerce bisa menjadi salah satu elemen untuk terus mengembangkan dan mengedukasi pasar lokal atas jual beli barang online.

Sumber DetikFinance dan DailySocial.