27 September 2016

by Glenn Kaonang

Plex Luncurkan Plex Cloud, Layanan Media Server Tanpa Hardware dan Tanpa Batas

Dibekingi oleh layanan cloud storage Amazon Drive yang menawarkan kapasitas tanpa batas

Jujur, saya sangat suka dengan Plex. Bagaimana tidak, berkat Plex Media Server yang ter-install di PC, pada dasarnya saya bisa menonton apapun yang ada di PC melalui smartphone atau tablet tanpa perlu memindah file-nya terlebih dahulu ke perangkat.

Memang sekarang sudah banyak layanan streaming yang bisa kita nikmati, mulai dari Netflix sampai Spotify, akan tetapi saya adalah tipe pengguna yang masih suka mengonsumsi koleksi media pribadi, dan Plex merupakan solusi yang cukup efektif. Sayang Plex masih punya sejumlah kelemahan, utamanya adalah keharusan PC saya untuk selalu menyala.

Problem lain juga bisa terjadi kapan saja. Seandainya hard disk di PC saya tiba-tiba macet, akses ke koleksi media saya otomatis jadi terhambat. Di sinilah Plex Cloud mencoba membantu. Layanan baru ini pada dasarnya memungkinkan kita untuk menikmati kenyamanan yang ditawarkan Plex tanpa perlu memusingkan soal hardware.

Bagaimana soal storage? Pasalnya, selama ini semua yang berhubungan dengan cloud seringkali terbatas soal storage. Well, dalam kasus ini, Plex telah bermitra dengan Amazon Drive. Jadi selama Anda merupakan pelanggan Amazon Drive, Anda bisa mengunggah koleksi media pribadi tanpa batas.

Plex Cloud merupakan salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan storage tanpa batas Amazon Drive / Plex

Proses setup Plex Cloud diklaim cuma membutuhkan waktu tidak lebih dari 60 detik. Pengguna hanya perlu memilih koleksi medianya yang hendak diunggah, lalu Plex akan mengerjakan sisanya, mengumpulkan metadata sehingga tampilan koleksi media Anda tidak kalah rapi seperti di Netflix atau HOOQ.

Fitur yang terdapat pada Plex Cloud sama persis seperti di Plex Media Server; terkecuali untuk Camera Upload, Mobile Sync, Cloud Sync, Media Optimizer, DLNA dan DVR – setidaknya untuk sekarang. Singkat cerita, setelah koleksi media Anda sudah terunggah ke Plex Cloud, Anda bisa menikmatinya dari perangkat apa saja dan di mana saja.

Bagaimana dengan layanan cloud storage lain? Apakah Plex Cloud hanya terbatas untuk Amazon Drive saja? Untuk sekarang, ya, namun setidaknya ini merupakan cara yang sangat efektif untuk memaksimalkan paket Unlimited Everything yang ditawarkan Amazon Drive. Anda juga harus menjadi pelanggan Plex Pass terlebih dahulu. Kalau semua itu sudah terpenuhi, Anda tinggal mendaftarkan diri untuk mendapatkan akses beta ke Plex Cloud.

Sumber: TechCrunch dan Plex.