Categories

Berita

Pluang Tambah Kelas Aset Investasi Micro E-mini Nasdaq 100 Index Futures

Melengkapi Micro E-mini S&P Index Futures yang telah dirilis pada November 2020

Marsya Nabila - 20 September 2021

Platform wealthtech Pluang menambah kelas aset investasi Micro E-mini Nasdaq 100 Index Futures, produk berjangka derivatif yang ditransaksikan pada Chicago Merchantile Exchange (CME). Produk investasi ini melengkapi jajaran kelas aset yang tersedia di Pluang, mulai dari emas, reksa dana, aset kripto, dan Micro E-mini S&P Index Futures yang telah dirilis pada November 2020.

Co-Founder Pluang Richard Chua menerangkan, Indeks Nasdaq 100 merupakan indeks yang melacak kinerja saham 100 perusahaan non-keuangan terbesar di bursa Nasdaq dan didominasi oleh perusahaan teknologi global terkemuka. Saat ini Nasdaq 100 memiliki nilai kapitalisasi pasar saham sebesar $15 triliun.

“Banyak pelanggan kami sudah mengetahui merek perusahaan teknologi seperti Microsoft (MSFT), Facebook (FB), Amazon (AMZN), Apple (AAPL), dan Alphabet (GOOG/GOOGL). Mereka sudah akrab dengan produk, merek, dan model bisnis mereka. Produk Indeks Nasdaq 100 kami sekarang memungkinkan para investor berinvestasi langsung ke dalamnya,” terangnya dalam keterangan resmi, Senin (20/9).

Kehadiran Pluang Nasdaq 100 membuka kesempatan bagi investor yang ingin menanamkan modal di saham-saham perusahaan yang terkonsentrasi di sektor teknologi. Performa Nasdaq 100 dengan S&P 500 juga dapat disandingkan satu sama lain.

Pada periode yang sama, nilai Nasdaq telah meningkat 88,4% jauh mengungguli kinerja indeks S&P 500. Salah satu faktor pemicunya adalah meningkatnya pendapatan perusahaan teknologi seiring maraknya permintaan produk-produk teknologi di masa pandemi.

“Eksposur Nasdaq 100 memberikan diversifikasi penting bagi semua investor Indonesia karena terdiri dari 102 saham yang diterbitkan oleh 100 perusahaan non-keuangan terbesar yang terdaftar di pasar saham Nasdaq. Alih-alih membeli satu per satu saham AS, indeks ini membantu Anda mendiversifikasi portofolio secara otomatis.”

Seluruh transaksi produk Micro E-Mini Nasdaq 100 Index Futures di aplikasi Pluang diatur dan diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), sama seperti produk Micro E-Mini S&P 500 Index Futures di Pluang.

Aplikasi Pluang, melalui PT PG Berjangka, sebelumnya telah mengantongi izin Pendistribusian Amanat Nasabah ke Bursa Luar Negeri (PALN) dari BAPPEBTI. Yakni, kewenangan untuk menawarkan kontrak dan menyalurkan pesanan pelanggan atas kontrak tersebut menggunakan sistem yang disediakan oleh bursa.

Investor bisa membeli Micro E-mini Nasdaq 100 Index Futures di Pluang baik dengan mata uang Rupiah maupun Dollar AS pada wallet yang ada di Aplikasi Pluang. Karena Pluang menawarkan indeks Nasdaq 100 dalam bentuk Micro E-mini Nasdaq 100 Index Futures, maka investor dapat mulai berinvestasi pada kisaran Rp300.000. Hal ini bisa membantu pengguna untuk berinvestasi di pasar saham AS sekaligus diversifikasi portofolio dengan akses yang mudah dan harga terjangkau.

Selain Pluang, para pemain aplikasi investasi mulai memperluas kelas asetnya ke berbagai portofolio agar semakin banyak pengguna yang mendapat akses investasi. Berikut daftarnya:

Aplikasi wealthtechEmasReksa DanaSaham atau derivatifUang kriptoSecurities crowdfunding
Bareksa
Pluang
Tanamduit
Raiz Invest
E-mas
Lakuemas
Treasury
Indogold
Tamasia
Bibit
Ajaib
Ipot
Invisee
XDana
Stockbit
Halofina
Fundtastic
Santara
Bizhare
LandX
Crowddana
Indodax
Tokocrypto
Pintu
Luno

Kesempatan platform wealthtech masih luas dalam menjangkau pengguna baru. Sebab, baru 2% dari total penduduk usia produktif di Indonesia yang mengakses produk investasi di pasar modal. Dengan rincian, jumlah SID sebanyak 5,6 juta investor per Juni 2021, sementara investor kripto mencapai 6,5 juta orang. per Mei 2021.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter