Categories

Game

Pokémon Go Akan Tiba di Asia Sebentar Lagi?

Salah satu hipotesis: waktu refresh global Apple app store jatuh di hari Kamis, mengindikasikan probabilitas peluncuran Pokémon Go secara lebih luas.

Yoga Wisesa - 14 July 2016

Sejak Pokémon Go meluncur minggu lalu, demam Pokémon kembali merebak seperti di tahun 90-an. Besarnya penantian khalayak mendorong banyak orang melakukan cara-cara ‘kurang legal’ buat menikmati permainan saat mereka tahu Pokémon Go belum tersedia di negaranya – dan boleh jadi banyak di antara mereka ialah kawan-kawan Anda sendiri.

Sebetulnya Pokémon Go baru tersedia resmi di sejumlah wilayah saja: Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru dan Jerman. Bungkamnya Nintendo (dalam hal ini The Pokémon Company) mengenai kapan ia meluncur di Asia membuat banyak orang gemas, apalagi kemarin kita mendengar kabar soal penundaan peluncuran global Pokémon Go karena Niantic bermaksud membenahi masalah server. Tapi dari update terkini, ada kemungkinan Pokémon Go segera tiba di Asia sebentar lagi.

Berdasarkan laporan The Verge yang mengacu pada tulisan Wall Street Journal, terdapat peluang Nintendo akan melepas Pokémon Go di Asia dan negara-negera Eropa lain minggu ini. Minggu lalu via Twitter miliknya, Takashi Mochizuki dari Wall Street Journal juga sempat menyampaikan bahwa publisher meminta konsumen di Amerika dan Jepang untuk ‘bersabar’ menanti kedatangan permainan mobile fenomenal tersebut. Apakah Jepang akan jadi negara Asia pertama tempat pendaratan Pokémon Go?

Informasi lain yang menguatkan prediksi ini bisa Anda lihat di blog Pokémon Go Asia ciptaan ‘perkumpulan pecinta Pokémon’. Hipotesis pertama adalah waktu refresh global Apple app store yang jatuh di hari Kamis, mengindikasikan probabilitas peluncuran lebih luas di iOS dan Google Play. Kemudian kita juga tahu selama beberapa hari ke belakang, Niantic telah bersusah-payah menambah kapasitas server.

Asumsi tersebut didukung oleh keadaan saat ini: setelah seminggu pelepasan Pokémon Go, semakin jarang kita dengar berita mengenai glitch dan bug. Lalu di tanggal 11 Juli kemarin, ‘narasumber terpercaya’ menjelaskan peluncuran game akan dilangsungkan tidak lama lagi.

Baru kemarin warga Jerman merayakan kehadiran Pokémon Go di negaranya, dan di sana, game sudah menimbulkan kontroversi. Meski fans sangat gembira, perwakilan pengurus monumen peringatan korban rezim Nazi menyayangkan kelakuan para pemain yang membanjiri lokasi itu untuk berburu ‘monster saku’. Menurutnya, hal tersebut sangat tidak pantas.

Telegraph sendiri mengingatkan agar kita tidak bersemangat secara berlebih-lebihan, karena sejauh ini Nintendo belum mengungkap tanggal rilis resmi di wilayah lain, terlepas dari prediksi sejumlah situs.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter