13 October 2018

by Ayyub Mustofa

Pokémon GO Masih Hidup, Cetak Profit Tertinggi Sepanjang Tahun 2018

Total pemasukan Niantic dari Pokémon GO diperkirakan telah lebih dari 2,1 miliar dolar

Siapa bilang Pokémon GO sudah mati? Memang saat ini game mobile buatan Niantic itu sudah tidak lagi booming seperti saat awal-awal peluncurannya di tahun 2016. Kita tidak lagi mendengar ramai kasus gangguan sosial akibat banyaknya orang yang bermain Pokémon GO kelewat batas. Tapi Pokémon GO masih hidup, bahkan sehat dan berjaya.

Perusahaan data aplikasi mobileSensor Tower mengabarkan bahwa penghasilan Pokémon GO di bulan September 2018 diperkirakan mencapai 84,8 juta dolar. Ini angka yang sangat besar, bahkan terbesar sejak bulan November 2017. Penghasilan tersebut menempatkan Pokémon GO di posisi keempat aplikasi top grossing versi Sensor Tower.

Peringkat aplikasi Google Play di Amerika Serikat | Sumber: Sensor Tower

Tak hanya revenue, jumlah install Pokémon GO juga mengalami peningkatan signifikan. Sepanjang September, Pokémon GO mendapat 8,86 juta unduhan baru, tertinggi sepanjang 2018. Total unduhan game tersebut sekarang telah mencapai angka 522 juta, sementara total pemasukannya di seluruh dunia diperkirakan menembus 2,01 miliar dolar Amerika Serikat.

Popularitas Pokémon GO tak lepas dari komitmen Niantic untuk terus memberi update konten secara berkala. Baru-baru ini misalnya, Niantic merilis update untuk Pokémon GO versi Android yang disebut Pokémon GO AR+. Update tersebut memungkinkan para pemiain untuk dapat melihat para monster dengan ukuran seperti aslinya.

Pokémon GO AR+ | Sumber: Niantic

Sebagai contoh, Pikachu akan terlihat seolah-olah memiliki tinggi 40 sentimeter, sementara Charizard akan terlihat sebesar 1,7 meter. Pengguna iOS sebelumnya sudah mendapatkan fitur ini sejak akhir 2017, namun gamer Android baru mendapatkannya sekarang.

Update yang lain termasuk tambahan Pokémon langka baru yang disebut Meltan, monster-monster generasi 4 dari wilayah Sinnoh (dari game Pokémon Diamond, Pearl, dan Platinum), serta event berkala di berbagai negara dari seluruh dunia. Ditambah dengan perilisan game baru yaitu Pokémon: Let’s Go, Pikachu! dan Pokémon: Let’s Go, Eevee! yang memungkinkan transfer Pokémon dari smartphone ke Switch, tampaknya Pokémon GO masih akan hidup untuk waktu yang cukup lama.

Sumber: Nintendo Life, Sensor Tower, Niantic