Categories

Game

Pokémon GO Pecahkan Rekor Sebagai Aplikasi yang Terbanyak Diunduh di App Store

Mengalahkan Angry Bird, Candy Crush dan game-game populer lainnya yang sudah lebih dahulu hadir

Aditya Daniel - 26 July 2016

Kesuksesan game augmented reality Pokémon Go nampaknya masih akan dibicarakan orang hingga beberapa bulan ke depan. Meski masih ada negara yang belum bisa mikmati game ini secara resmi di toko aplikasi, termasuk Indonesia namun antusiasme penggemar game ini di negara lain sangatlah besar.

Kesuksesan Pokémon Go memang bukanlah isapan jempol semata. Dikonfirmasi oleh Apple kepada Polygon dan The Loop, Pokémon Go mencetak rekor pertama dalam sejarah sebagai sebagai aplikasi terbanyak diunduh dalam sepekan pertamanya di App Store. Rekor ini mengalahkan Candy Crush, Angry Bird, Clash of Clans yang sudah lebih dahulu ada di App Store.

Belum ada angka resmi yang dirilis oleh Apple ataupun Niantic terkait hal ini. Super Data melaporkan bahwa sejak dirilis pertama kali hingga sekarang Pokémon Go sudah menghasilkan keuntungan $14.04 juta. Keuntungan ini datang dari transaksi in-app-purchase yang ada dalam permainan seperti pembelian Pokéball dan items lainnya.

Pokémon GO sendiri kini bertengger di top paid dan top free chart baik di Google Play Store dan Apple App Store di negara yang telah tersedia aplikasi ini. Keuntungan yang diraih oleh Niantic dan Pokémon Company dalam game tentu tidak hanya menyenangkan bagi mereka namun juga bagi Google dan Apple, karena kedua perusahaan teknologi tersebut ikut kebagian persentasi dari pendapatan toko aplikasi yang mereka hasilkan.

Bahkan menurut seorang analis keuangan bernama Laura Martin, Apple sanggup meraup keuntungan hingga $3 miliar sendiri dari game Pokémon Go dalam 1 - 2 tahun ke depan. Saya sendiri tidak heran dengan rekor yang dipecahkan oleh Pokémon Go mengingat antusiasme pemain serta pemberitaan di media yang cukup kencang.

Sumber: The Guardian | Business Insider | Polygon

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter