1. Lifestyle

Mati dan Terlahir Kembali, Polaroid Luncurkan Suksesor Kamera Instan Terpopulernya

Polaroid OneStep 2 dibuat oleh Polaroid Originals, brand baru yang dihidupkan kembali oleh The Impossible Project

Bulan Mei lalu, beredar kabar bahwa Polaroid telah diakuisisi oleh sekelompok investor yang dipimpin oleh seorang pebisnis asal Polandia bernama Wiaczeslaw Smolokowski. Yang menarik dari kabar tersebut adalah fakta bahwa Smolokowski merupakan investor utama di balik The Impossible Project, perusahaan yang berupaya menghidupkan kembali legenda Polaroid dengan membeli pabrik terakhirnya di tahun 2008.

Dengan berpindah tangannya aset Polaroid, ambisi The Impossible Project akhirnya bisa benar-benar terwujudkan. Bertepatan dengan hari jadi ke-80 Polaroid pada tanggal 13 September kemarin, diumumkanlah sebuah brand baru bernama Polaroid Originals, yang juga sepenuhnya akan menggantikan brand Impossible.

Produk pertamanya adalah Polaroid OneStep 2, suksesor dari salah satu kamera instan terpopuler di sepanjang sejarah Polaroid. Desain ikoniknya masih dipertahankan selagi mendapat sentuhan modern, dan apabila penampilannya terasa familier, itu karena OneStep orisinil yang terlahir di tahun 1977 merupakan inspirasi di balik logo awal Instagram.

Polaroid mendeskripsikan OneStep 2 sebagai kamera instan analog untuk generasi modern. Untuk itu, cara pengoperasiannya telah disederhanakan agar bisa langsung digunakan untuk mengabadikan momen sesaat setelah dikeluarkan dari boksnya, plus Polaroid tidak lupa menyematkan fungsi self-timer yang sangat krusial di era selfie dan wefie ini.

Letak viewfinder-nya tetap berada di sisi kiri, akan tetapi sisi kanannya kini dihuni oleh flash yang amat bertenaga. Polaroid memastikan kalau OneStep 2 turut dilengkapi lensa berkualitas tinggi yang dapat mengambil fokus dari jarak 60 cm sampai tidak terbatas, dengan panjang fokal 106 mm.

Agar OneStep 2 bisa terasa lebih modern, Polaroid turut mengembangkan seri film baru bernama i-Type. i-Type menjanjikan reproduksi warna yang sama ikoniknya, tapi di saat yang sama tidak membutuhkan baterai. OneStep 2 sendiri ditenagai oleh baterai rechargeable berkapasitas 1.100 mAh, yang diyakini mampu bertahan selama 60 hari sebelum perlu dicas kembali.

Deretan kamera vintage Polaroid dari berbagai seri kini telah di-refurbish dan siap dipasarkan kembali / Polaroid Originals

Hal penting yang perlu dicatat, OneStep 2 bukan sekadar kamera instan yang mengusung label Polaroid, tapi sebenarnya diproduksi oleh perusahaan lain yang hanya membeli lisensi namanya. Kamera ini benar-benar berasal dari Polaroid yang mati dan terlahir kembali, dan bersamaan dengan itu, deretan kamera vintage Polaroid pun juga ikut dihidupkan kembali, mulai dari seri 600, SX-70 sampai Spectra.

Pre-order Polaroid OneStep 2 saat ini sudah dibuka, dengan harga $100 dan pilihan warna putih atau hitam. Film i-Type sendiri dibanderol $16 per pak (isi 8), dan tersedia dalam varian berwarna atau hitam-putih.

Sumber: DPReview.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again