7 July 2015

by Yoga Wisesa

Polisi Abu Dhabi Modifikasi Lykan HyperSport Jadi Mobil 'Robocop'

Lykan HyperSport ialah debut W Motors di wilayah supercar. Namanya tiba-tiba melambung ketika Lykan menjadi sorotan utama dalam film Furious 7, serta hadir di game Project CARS hingga Driveclub. Karena diproduksi terbatas, harga Lykan HyperSport tidaklah murah. Dan Departemen Polisi Abu Dhabi menambahkan sejumlah teknologi yang membuatnya istimewa.

Penggunaan mobil mewah dan supercar oleh kepolisian Uni Emirat Arab bukanlah berita baru: Carbon Motors E7, Nissan GT-R, atau mungkin cuma 'sekedar' Chevrolet Camaro. Dan belum lama mereka dikabarkan mengadopsi Lykan HyperSport berbekal kemampuan canggih garapan Ekin Technology, sehingga menyerupai mobil Robocop - membuat kita berpikir berkali-kali sebelum melanggar hukum.

Modifikasi hasil kolaborasi Kepolisian Abu Dhabi dan Ekin terletak pada rangkaian sistem kamera pengawas Ekin Patrol. Pertama, ia dapat membaca pelat nomor. Tapi bukannya satu per satu, proses dilakukan secara bersama-sama, semua yang terdeteksi dalam bidang 180 derajat. Sistem juga akan mencocokkan pelat dengan kecepatan kendaraan. Hebatnya lagi, kamera sanggup memindai dan mengenali wajah meski mobil sedang melesat di kecepatan tinggi.

Selain itu, versi canggih Lykan HyperSport tersebut bisa mengirimkan koordinat GPS mobil ke polisi atau pusat kendali lalu lintas, serta berkomunikasi dengan sesama unit petugas. Terdapat pula fungsi 'blacklist' untuk melihat kendaraan-kendaraan di daftar hitam. Ekin Technology mengklaim bahwa tidak ada produk lain di dunia yang mampu melakukan scan sekaligus mencocokkan di waktu bersamaan kecuali karya mereka.

Info menarik: Prototype BMW i8 Tempuh 480 Km Cuma Berbekal Satu Tangki Hidrogen

Bagi tim Ekin, teknologi mereka membuka kemungkinan dan potensi baru di wilayah smart traffic. Secara fungsi, Ekin Patrol turut mendongkrak level keamanan, efektifitas operasi dan pemeliharaan. Sebagai penyempurna dari keseluruhan ekosistem, Ekin dan kepolisian Abu Dhabi juga mengimplementasikan program Smart Traffic Center Project.

Lykan HyperSport sendiri merupakan supercar street-legal pertama garapan Timur Tengah (W Motors berasal dari Lebanon), hanya diproduksi sebanyak tujuh unit. Ia menempati posisi ketiga dalam ranking kendaraan termahal dunia, di belakang Lamborghini Veneno dan Maybach Exelero. Sebagai referensi: Lykan lebih mahal US$ 1 juta dibanding Bugatti Veyron Super Sport, salah satu kendaraan tercepat di planet Bumi.

Tidak aneh, karena lampu depannya saja adalah kombinasi blade titanium LED dan batu mulia - 420 butir berlian, total 15 carat. Tidak suka warna lampu putih? Ada opsi batu safir, rubi dan berlian kuning. Harga Lykan HyperSport cuma dibanderol US$ 3,4 juta...

Via Car Buzz. Foto: Felix Berndt Photography.