Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bekerja sama dengan AkuPeduli meluncurkan aplikasi mobile bernama Sahabat Polri  sebagai wadah untuk mendekatkan Polisi dan masyarakat. Aplikasi yang dapat terpasang pada platform Android ini diresmikan oleh Kepala Polri Jendral Badrodin Haiti dan Kepada Divisi Humas Polri Brigadir Jendral Boy Raffli Amar pada Senin (20/6) silam di Rupatama Mabes Polri.

Sahabat Polri pada dasarnya adalah sebuah sistem layanan masyarakat berbasis media sosial yang dapat digunakan masyarakat Indonesia dalam rangka menjalin persahabatan dan mengakomodir masyarakat untuk berpartisipasi membantu kinerja Polri melayani publik. Sahabat Polri sendiri saat ini baru tersedia untuk platform Android.

Cara kerja aplikasi Sahabat Polri sebenanrya tidak jauh berbeda dengan layanan Qlue yang mengajukan keluhan kepada pihak berwenang terkait, tetapi ini khusus untuk kepolisian. Melalui aplikasi Sahabat Polri, pengguna dapat melaporkan keluhan yang ada di lingkungan sekitarnya melalui menu Kepedulian.

Tampilan dari aplikasi Sahabat Polri / DailySocial
Tampilan dari aplikasi Sahabat Polri / DailySocial

Keluhan yang dilaporkan bervariasi, mulai dari tindakan kriminal, Narkotika, Tawuran, hingga keluhan umum terhadap tindakan Premanisme. Di samping itu pengguna juga akan disajikan kumpulan berita terbaru dari Sahabat Polri dan juga diberi kebebasan untuk bertanya melalui menu Tanya Polri.

Untuk mengajukan keluhan, pengguna cukup mengambil foto dan mengunggahnya ke aplikasi. Kemudian pengguna lainnya juga bisa mengontrol validitas informasi dengan memberikan laporan, komentar, atau tanggapan lainnya. Wujud kepedulian masyarakat tersebut juga akan dikelola secara reguler oleh divisi Humas Polri.

Fitur lain yang disediakan, yakni Terdekat, Peta, dan Favorit. Melalui fitur Terdekat, pengguna bisa melihat laporan Kepedulian mana saja yang dekat dengan posisinya dalam radius tertentu. Di fitur Peta, pengguna bisa melihat dengan rinci lokasi laporan Kepedulian berasal. Sedangkan fitur Favorit dapat digunakan untuk menyimpan laporan Kepedulian yang menarik bagi pengguna.

Pihak Polri berharap dengan adanya sistem ini Polri bisa lebih cepat dalam merespon kejadian yang telah diinformasikan. Di samping itu, hadirnya aplikasi ini juga diharapkan dapat membuat masyarakat menjadi lebih peduli terhadap sesame dan juga dapat mendukung tugang Polri dalam mewujudkan Indonesia yang aman dan nyaman.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.