23 April 2013

by Iqbal Farabi

Ponsel Pintar Berbasis Firefox OS Mulai Dipasarkan Tengah Tahun Ini

Kabar baik bagi mereka yang antusias terhadap perkembangan Firefox OS. Setelah beberapa waktu lalu Mozilla memperkenalkan beberapa perangkat ponsel pintar yang menggunakan Firefox OS, kini akhirnya beberapa perangkat akan siap dirilis ke pasaran.

Seperti yang dilansir oleh Business Insider, CEO Mozilla, Gary Kovacs, baru-baru ini mengatakan bahwa perangkat ponsel pintar berbasis Firefox OS pertama akan mulai dipasarkan sekitar bulan Juni tahun ini. Rencananya ponsel pintar Firefox OS akan dipasarkan di sembilan negara berkembang: Brazil, Kolumbia, Hungaria, Meksiko, Montenegro, Polandia, Serbia, Spanyol, dan Venezuela.

Sementara untuk pasar Amerika Serikat baru akan dimasuki Firefox OS di awal tahun 2014. Kovacs menyatakan bahwa sebelum masuk ke pasar Amerika Serikat, Mozilla menginginkan agar Firefox OS sudah memiliki ekosistem yang cukup matang mengingat kerasnya persaingan sistem operasi mobile di pasar tersebut.

Mozilla saat ini sudah menggandeng beberapa pabrikan untuk memproduksi ponsel pintar berbasis Firefox OS. Tiga diantaranya sudah memperkenalkan perangkat yang akan dirils ke pasaran yakni Alcatel One Touch Fire dan ZTE One serta Geeksphone. Sementara Huawei, LG, dan Sony sudah menyatakan akan juga merilis perangkat berbasis Firefox OS meskipun belum memperkenalkan perangkat resmi yang akan menggunakan sistem operasi besutan Mozilla tersebut.

 

Sumber: Business Insider.