Pencapaian dan Target Portal Perencanaan Keuangan Independen Finansialku

Pencapaian dan Target Portal Perencanaan Keuangan Independen Finansialku

Bekerja sama dengan Bareksa untuk edukasi reksa dana online, tahun 2017 berencana meluncurkan aplikasi mobile
Finansialku new logo
Finansialku new logo

Pertumbuhan startup yang bergerak di bidang finansial pada periode 2015-2016 telah mengalami ledakan yang luar biasa. Berdasarkan data Asosiasi Fintech Indonesia angkanya mencapai 78 persen dan itu lebih tinggi 69 persen di banding periode tahun sebelumnya. Berbagai layanan pun mulai naik ke permukaan, baik yang lama maupun baru. Salah satunya adalah Finansialku yang menyediakan layanan perencanaan keuangan pribadi dan keluarga.

Finansialku sendiri sebenarnya sudah berdiri sejak akhir tahun 2013, tetapi ketika itu wujudnya masih berupa website perusahaan keuangan yang konsisten memberikan edukasi tentang keuangan. Melvin Mumpuni dan Alvin Augusto Saputra, yang merupakan teman kuliah di Universitas Katolik Parahyangan Bandung, adalah dua tokoh yang berperan dalam menginisiasi layanan Finansialku ini.

Sekarang Finansialku sendiri telah bertransformasi menjadi sebuah portal perencana keuangan dengan fokus dua layanan utama, layanan Edukasi dan Pelatihan Keuangan dengan layanan Aplikasi Finansialku.

Melvin mengatakan, “Finansialku adalah portal perencanaan keuangan yang memberikan informasi dan pendidikan keuangan kepada masyarakat, khususnya para karyawan, freelance, entrepreneur, ibu rumah tangga, dan mahasiswa. Kami berbagi informasi dan edukasi mengenai perencanaan keuangan, cara mengelola keuangan, investasi, asuransi dan lain sebagainya.”

Lebih jauh, Melvin menjelaskan bahwa ada dua fokus layanan yang coba ditawarkan oleh Finansialku. Layanan pertama adalah Edukasi dan Pelatihan Keuangan yang diberikan baik secara online maupun offline. Layanan kedua adalah Aplikasi Finansialku yang berfungsi untuk mengelola dan merencanakan keuanan pribadi dan keluarga.

Untuk layanan pertama, Edukasi dan Pelatihan Keuangan, pihak Finansialku sendiri saat ini sedang dalam tahap pengembangan fitur pelatihan online dengan harapan agar pelatihan pendidikan keuangan dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia. Sementara untuk layanan kedua, Aplikasi Finansialku, pihak Finansialku sedang dalam tahap pemantapan untuk versi mobile yang rencananya akan dirilis pada tahun 2017 nanti.

Terkait dengan monetisasi layanan, Melvin menjelaskan bahwa ada charge biaya untuk pelatihan online dan fitur-fitur premium yang disediakan dalam aplikasi Finansialku.

Pencapaian di tahun 2016 dan kerja sama dengan pihak Bareksa

Di tahun 2016 ini memang telah terjadi ledakan layanan fintech di Indonesia dan Melvin sendiri menyadari bahwa saat ini sudah ada beberapa website fintech di Indonesia yang memberikan layanan serupa, edukasi keuangan. Pun begitu, Melvin menegaskan bahwa dirinya enggan menyebut mereka sebagai kompetitor karena ia melihat masing-masing perusahaan memiliki tujuan yang berbeda.

“Alih-alih sebagai kompetitor, kami lebih memilih bekerja sama dengan beberapa fintech untuk meningkatkan literasi keuangan,” ujar Melvin.

Langkah untuk bekerja sama ini pun sebenarnya sudah direalisasikan oleh Finansialku melalui kerja sama mereka dengan Bareksa. Melvin menjelaskan bahwa Bareksa kini adalah salah satu rekan dari Finansialku dengan tujuan untuk mengenalkan masyarakat tentang investasi reksa dana online.

Selain kerja sama, di tahun 2016 ini juga ada beberapa milestone yang dicapai oleh Finansialku dari sisi trafik layanan. Melvin mengungkapkan bahwa saat ini pihak Finansialku telah berhasil meningkatkan jumlah kunjungan ke layanan yang angkanya mendekati ratusan ribu visitor per month. Sementara untuk pengguna aplikasi web based, Melvin mengungkap telah merengkuh ratusan pengguna terdaftar.

Perubahan logo untuk mempertegas visi dan misi perusahaan

Ada satu hal menarik lagi yang terjadi pada Finansialku di tahun 2016 ini. Mereka (Finansialku –red), telah memiliki logo baru untuk layanannya. Tujuan dari perubahan logo ini menurut Melvin adalah untuk mempertegas visi dan misi Finansialku sebagai portal perencanaan keuangan di Indonesia.

Melvin menjelaskan bahwa shape berbentuk ‘chatbox’ berarti mendiskusikan sesuatu, sedangkan tulisan ‘F’ di tengah menggambarkan huruf ‘F’ yang mewakili kata Finansial. Lalu warna kuning yang menghadap ke kanan atas menunjukkan tujuan ke depan dan arah yang lebih baik.

Menurut Melvin, filosofinya sama seperti konsep perencanaan keuangan, yaitu membantu klien untuk  mewujudkan tujuan keuangan di masa yang akan datang.

Melvin mengatakan, “Jadi secara keseluruhan logo Finansialku berarti Finansialku akan mendiskusikan hal-hal tentang finansial [keuangan] individu dan keluarga, agar pembacanya dapat mewujudkan tujuan keuangannya dan memiliki kondisi keuangan yang lebih baik.”

“Kami [akan] terus melakukan perbaikan berkelanjutan agar dapat memberikan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia dan customers kami. […] Di tahun 2017, Finansialku menargetkan untuk bisa dikunjungi jutaan visitors dan [memperoleh] ribuan pengguna aplikasi,” tandas Melvin.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…