24 March 2015

by Yoga Wisesa

Post Modern Skateboard Ialah Papan Luncur Tanpa Papan

Sebagai perangkat olahraga populer di seluruh penjuru Bumi, skateboard tidak mempunyai standar desain atau bahkan sejarah permulaan yang jelas. Ia terbagi dua jenis, longboard dan shortboard, didesain sedemikian rupa agar pengendara bisa melakukan beragam trik gerakan. Tapi apa jadinya ketika sebuah skateboard digarap dengan konsep 'no-board'?

Seandainya Anda merasa rollerskating ketinggalan zaman, MoCycl masih terlalu mahal, namun bosan dengan skateboard tua di rumah, satu alat baru bisa jadi alternatif. Ditawarkan melalui situs Hammacher Schlemmer, Post Modern Skateboard adalah jelmaan unik dari skateboard standard. Secara harfiah, skateboard berarti papan luncur. Menariknya, Post Modern Skateboard tidak memiliki papan, hanya sepasang roda raksasa.

Post Modern Skateboard boleh dibilang merupakan percampuran skateboard dan inline skate. Tak lagi terlihat layaknya papan luncur, ia terdiri dari dua bagian, yaitu roda berukuran 10-inci tempat Anda meletakkan kaki. Post Modern Skateboard dideskripsikan sebagai annular skate, memberikan keleluasaan gerakan bagi pengendara. Sayangnya ia bukanlah alat olahraga buat semua orang.

Info menarik: Onewheel, Skateboard Beroda Tunggal yang Siap Melahap Segala Medan

Jika Anda cukup kesulitan menyeimbangkan tubuh di atas skateboard, maka Post Modern Skateboard akan jauh lebih menantang. Masalahnya, saat roda inline skate mengarah ke depan, roda skateboard 'masa depan' tersebut menghadap samping. Kita harus terus bergerak dalam manuver ular demi menjaga keseimbangan. Di sisi lain, tingkat kelincahan jauh lebih tinggi dari skateboard biasa. Pengguna dapat berputar seluas 720 derajat dalam sekejap.

Diameter roda yang lebar memastikannya dapat dimainkan di atas permukaan tidak rata seperti tanah atau rumput pendek. Anda masih ragu? Post Modern Skateboard telah dibekali batang extendable untuk mengikat kedua roda, membuatnya menyerupai caster board. Membahas hal itu, cara mengendarainya malah lebih mirip snowboard atau surfboard, tidak memungkinkan kita melompat atau melakukan trik.

Di antara semua kejanggalan serta keunikan itu, pertanyaan paling filosofisnya ialah masihkah ia layak dinamai Post Modern Skateboard? Di websiteHammecher Schlemmer, perangkat ini dikatakan cocok buat umur delapan tahun ke atas, mendukung beban maksimal 90 kilogram. Harganya cukup terjangkau, sepasang Post Modern Skateboard cuma dibanderol US$ 100.

Silakan simak bagaimana cara mengendarainya di bawah.

Via Daily Mail.