1. Startup

Jobnext Tawarkan Layanan Iklan Lowongan Kerja Pasca Bayar

Platform situs pencari kerja kini telah umum digunakan oleh banyak perusahaan untuk mencari kandidat terbaik. Pada umumnya, bagi perusahaan yang ingin mengiklankan lowongan pekerjaan pada situs pencari kerja diharuskan membayar sejumlah biaya iklan di depan sebelum memasukkan lowongan kerja. Namun hal ini akan berbeda sepenuhnya pada Jobnext, sebuah situs pencari kerja terbaru yang menawarkan layanan bagi perusahaan untuk mengiklankan lowongan pekerjaan secara gratis hingga perusahaan memperoleh karyawan yang diinginkan.

Layanan yang ditawarkan oleh Jobnext tidaklah gratis secara sepenuhnya. Dalam keterangan tertulis yang kami terima, Jobnext tetap menerapkan sejumlah biaya bagi perusahaan namun dengan sistem yang benar-benar berbeda dengan situs pencari kerja yang telah ada saat ini. Dijelaskan, dalam hal ini Jobnext memberikan penawaran bagi perusahaan berupa layanan iklan lowongan pekerjaan dengan tanpa biaya di awal namun nantinya akan dikenakan biaya ketika perusahaan telah memperoleh pekerja yang sesuai dengan kriteria.

Biaya yang dikenakan pun tak mahal, menurut keterangan dalam rilisan resmi, perusahaan pengiklan lowongan akan dikenakan biaya sebesar sekitar Rp. 500.000 selama satu tahun dan itu pun kembali hanya ditagihkan ketika perusahaan telah memperoleh tenaga kerja yang dicari. Konsep ini diperkenalkan oleh Jobnext sebagai konsep situs pencari kerja yang mengadopsi sistem Succesful Adoption Post Paid.

Saranya yang dihadirkan memang sebagian besar merupakan sarana yang juga dapat ditemukan pada situs pencari kerja lainnya, namun dalam hal ini Jobnext mengklaim bahwa layanan pencarian kerja bagi individu maupun untuk perusahaan dalam mengiklankan lowongan akan difasilitasi secara interaktif. Seluruhnya tentu didukung oleh tampilan yang nyaman digunakan serta tampilan visualisasi yang lengkap dan mudah untuk diatur dengan foto, teks, dan bahkan video.

Selain itu, demi meningkatkan penggunaan yang lebih memudahkan pengguna, Jobnext juga mengusung sarana social-share untuk para kandidat yang ingin bergabung dengan Jobnext via media sosial Facebook dengan didukung fitur affiliation system dimana pengguna merekomendasikan satu pekerjaan ke teman-teman dengan lebih mudah.

Konsep yang ditawarkan oleh Jobnext tentu menghadirkan landasan persaingan yang berbeda terhadap kompetitor lainnya, terlebih pada sistem monetisasi bisnis yang diterapkannya. Saat ini, bisnis model situs online recruitment di indonesia masih menyerupai layanan iklan konvensional yang menerima pembayaran sesuai pemasangan iklan.

Era digital memungkinkan eksperimentasi dengan berbagai macam model bisnis yang baru sehingga model pasca bayar berdasarkan hasil ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk para pelaku bisnis. Cara ini memang terlihat lebih menarik bagi para pemasang iklan dan mungkin saja mengubah perilaku konvensional di ranah ini jika para pengiklan menerimanya dengan baik.

[ilustrasi foto dari: Shutterstock]

This Smart & Innovative channel is brought to you by Smartfren. Smartfren promotes Smart life through internet and mobile. For more information on product and solution provided by Smartfren, visit Smartfren website: http://www.smartfren.com/ like Smartfren Facebook Page, and follow @smartfrenworld

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again