Categories

Gadget

Pot Pintar Clairy Efektif Bersihkan Udara Rumah Dengan Tanaman Sungguhan

Akar tanaman bertugas menyaring toksin dari udara, dikelola oleh tech unit internal.

Yoga Wisesa - 11 April 2016

Banyak orang mengira polusi hanya terjadi di luar rumah, tapi faktanya cukup berbeda. Kualitas udara di tempat Anda tinggal bisa jadi masalah serius karena umumnya kita mengisolasi diri untuk menghemat listrik. Hasil studi terkini menunjukkan, polusi indoor malah lima kali lebih besar dibanding outdoor, dan kita menghabiskan 90 persen waktu di dalam rumah.

Karena alasan inilah tiga orang developer, Alessio D’Andrea, Vincenzo Vitiell serta Paolo Ganis, mencoba mengajukan pemecahan atas problem tersebut dan menyingkap Clairy. Perangkat ini adalah sebuah pemurni udara sekaligus pot bunga ‘pintar’, ditenagai tumbuhan sungguhan – mengombinasikan kekuatan alam dengan teknologi. Clairy juga memiliki desain anggun, dapat mempercantik ruang keluarga atau kamar tidur Anda.

Clairy 03

Memanfaatkan bahan keramik, Clairy terdiri atas dua bagian. Di dalam pot besar, developer membubuhkan ‘unit teknologi’, disambungkan ke kipas angin untuk mengarahkan udara sekitar ke akar tanaman buat dibersihkan. Rangkaian sensor di sana berfungsi menakar kualitas udara, temperatur dan kelembapan. Kemudian ada modul Wi-Fi build-in, bertugas mengirimkan informasi real-time ke smartphone Anda.

Zat-zat berbahaya dinetralisir saat mereka didorong ke akar tanaman oleh tech unit, memurnikan udara di sekitarnya. Perlu Anda ketahui, kelembapan dan suhu turut memengaruhi level toksin, jadi Clairy akan memberikan kita tips bagaimana menyesuaikan serta meningkatkan mutu udara. Perangkat ini tak hanya memungkinkan Anda mendeteksi masalah, namun juga membantu menanggulanginya.

Clairy 02

Sebetulnya, tumbuhan yang Anda taruh di rumah mempunyai potensi mengurangi polusi. Namun pot bunga biasa tidak bisa mengalirkan udara ke akar tanaman secara efektif. Berkat sistem unik Clairy, device air purifier ini mampu menumpas 80 persen polusi dalam ruang sebesar 36-meter kubik, 30 jam semenjak diaktifkan. Via aplikasi di handset (tersedia untuk Android dan iOS), Anda dapat mengatur kecepatan kipas dan mengelola fitur Clairy lainnya.

Beberapa setting bisa Anda pergunakan, contohnya: anti-alergi, untuk ibu hamil, tidur, asma dan mode buat kondisi produktif. Clairy hanya membutuhkan listrik separuh dari lampu LED, bekerja dengan hening, dan Anda tidak perlu mengganti filternya secara berkala. Kemampuannya bukan cuma gimmick, ia telah lulus tes ilmiah laboratorium dan PNAT (spin-off University of Florence, Itali).

Clairy 01

Clairy dapat Anda pesan sekarang di Kickstarter seharga € 160 atau sekitar US$ 181, kabarnya akan dikirimkan ke backer antara bulan Desember 2016 sampai Januari 2017.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter