1. Startup

Potensi Mobile Game di Indonesia Signifikan, BBM Game Center Kuatkan Strategi Bersama Neowiz Games

Pemain mobile game aktif di Indonesia 30,7 juta pengguna, 49 persennya konsumtif beli layanan premium

Induk pengoperasi bisnis layanan BlackBerry Messenger (BBM) yakni Creative Media Work baru saja mengumumkan jalinan kerja sama dengan pengembang game asal Korea Selatan Neowiz Games Corp. Kerja sama ini akan difokuskan untuk meningkatkan keragaman konten di dalam BBM Game Center. Produk game dari Neowiz dan rekanannya dijadwalkan akan mulai bisa dinikmati pengguna BBM di platform iOS dan Android pada kuartal keempat tahun ini.

Di tangan EMTEK, BBM memang sedang terus diupayakan untuk dapat meningkatkan traksi penggunanya. Tak hanya jalinan kemitraan dengan perusahaan pengembang game, beberapa waktu lalu BBM Discovery juga sedang diupayakan untuk menjadi bagian dari digital marketing tools milik KMK Online. Seperti diketahui KMK Online juga bagian dari bisnis yang dijalankan oleh EMTEK.

Untuk kerja samanya dengan BBM sendiri, Neowiz diwakili oleh B2Games, sebuah gabungan tiga perusahaan, yakni Neowiz, Mobirix, dan perusahaan pemasaran Avancera. Salah satu upaya yang akan dilakukan untuk BBM Game Center adalah melokalkan konten game yang sudah dimiliki ke dalam Bahasa Indonesia dan terlibat aktif dalam pengembangan game bersama pihak ketiga. Termasuk melakukan pemasaran dan monetisasi dengan lebih baik lagi.

Sejak dikembangkan tahun 2015, saat ini selebihnya 100 juta pengguna BBM aktif tersebar di platform smartphone modern. Ekosistem pengguna ini yang ingin dimaksimalkan dengan berbagai penawaran produk dan layanan interaktif di dalamnya. Ini turut mengingatkan kita pada kesuksesan LINE berhasil membangun kanal yang lengkap di platformnya. Mulai dari game dan konten interaktif lainnya terus dimaksimalkan untuk memberikan pilihan kepada pelanggan.

Memaksimalkan pangsa pasar mobile game di Indonesia

Dituturkan oleh CEO Neowiz Ki-Won Lee bahwa pertumbuhan pasar mobile gaming di Indonesia sangat jelas. Suasana internasional ingin ditawarkan bagi penikmat hiburan di dalam BBM dengan memberikan pilihan beragam genre game yang tetap sesuai dengan keinginan pengguna di Indonesia.

Berdasarkan hasil riset App Annie 2015, Indonesia masuk dalam negara terpadat keempat di dunia dalam kaitannya pemain mobile game aktif di Indonesia, atau setara dengan 30,7 juta pengguna. Angka tersebut mengangkat Indonesia menjadi yang paling besar di wilayah regionalnya. Dan yang paling menarik dari riset tersebut, dari total pemain game di Indonesia, 49 persennya konsumtif dalam membeli komponen berbayar dalam permainan. Artinya potensi untuk konten game memang sangat besar, dan diyakini terus merangkak naik signifikan.

"BBM tetap menjadi aplikasi messaging yang paling banyak dipasang dan digunakan di Indonesia. Pengguna selalu mencari lebih banyak kegiatan di aplikasi messaging karena aplikasi itulah yang mereka gunakan setiap hari... BBM Game Center melengkapi layanan baru kami (menyuguhkan) layanan seperti konten berita, video dan ditambah banyak lagi dalam beberapa bulan ke depan," ujar CEO Creative Media Works Matthew Talbot.

Kemitraan ini turut membuka pintu lebar bagi pengembang game, termasuk pengembang lokal, jika ingin memasukkan karyanya ke dalam BBM Game Center.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again