Categories

Gadget

Power Bank Terbaru Anker Kompatibel dengan Teknologi MagSafe Milik iPhone 12

Tapi sayang kecepatan charging-nya cuma 5 W, bukan 15 W

Glenn Kaonang - 24 February 2021

Sebagian orang melihat adanya teknologi MagSafe di iPhone 12 sebagai awal dari visi Apple terkait iPhone yang tidak dilengkapi colokan sama sekali. Sebagian lain melihatnya sebagai cara yang lebih praktis untuk mengisi ulang baterai perangkat menggunakan power bank.

Well, skenario yang kedua itu sudah diwujudkan oleh Anker. Mereka baru saja merilis Anker PowerCore Magnetic 5K, sebuah power bank berkapasitas 5.000 mAh yang kompatibel dengan teknologi MagSafe milik iPhone 12. Jadi seperti halnya charger MagSafe, power bank ini bisa menempel secara magnetis ke punggung iPhone 12.

Satu hal yang perlu dicatat adalah, perangkat ini tidak sepenuhnya memenuhi sertifikasi MagSafe. Utamanya karena output charging maksimum yang didukung cuma 5 W, sedangkan charger MagSafe seharusnya mampu menyalurkan daya dengan output 15 W. Dengan rate 5 W, kinerja perangkat ini sejatinya identik dengan power bank yang mendukung Qi wireless charging.

Tentu saja satu-satunya keuntungan menggunakan power bank ini adalah sambungan magnetis itu tadi. Kalau menggunakan power bank yang hanya mendukung wireless charging biasa, pengguna tentu harus benar-benar mengepaskan posisi iPhone setiap kali perangkat hendak di-charge.

Secara kapasitas, 5.000 mAh memang tergolong kecil. Menurut Anker, kapasitasnya ini cukup untuk mengisi baterai iPhone 12 Mini dari kosong hingga penuh dan masih menyisakan sedikit daya, iPhone 12 dari 0 – 95%, iPhone 12 dari 0 – 97%, dan iPhone 12 Pro Max dari 0 – 75%. Dimensinya sendiri memang cukup ringkas di 93 x 62,5 x 16 mm, dengan bobot sekitar 131 gram, sehingga ia masih kelihatan proporsional jika dibandingkan dengan iPhone 12 Mini.

Rumornya, Apple sendiri saat ini tengah mengembangkan sejenis battery pack berteknologi MagSafe untuk iPhone 12, namun aksesori tersebut tak kunjung dirilis karena masih ada kendala teknis yang harus ditangani. Selagi menunggu penawaran dari Apple langsung, untuk sementara konsumen bisa menggunakan bikinan Anker ini. Di Amerika Serikat, perangkat ini kabarnya dijual seharga $40.

Sumber: 9to5Mac.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter