Categories

Event

PowerBrain Indonesia Terpilih Sebagai Pemenang UKode Hackathon 2021

PowerBrain Indonesia mengusung inovasi berupa Smart Energy Management System

Avi Tejo Bhaskoro - 21 March 2021

Usai sudah rangkaian perhelatan hackathon virtual dari kompetisi UKode Hackathon 2021. Setelah melalui proses penjurian pada hari ini (17/03), Ukode Hackathon 2021 secara resmi mengumumkan tim PowerBrain Indonesia sebagai pemenang utama dari ajang inovasi produk digital tersebut.

Sebelumnya, kompetisi yang diprediksi akan menciptakan inovasi produk digital untuk isu perubahan iklim itu telah terlebih dahulu menyortir 5 (lima) finalis yang bersaing secara ketat. Proses penjurian pun dilakukan, dibantu dengan juri-juri ternama dari industri teknologi tanah air seperti; Atika Benedicta - Impact Investment Lead ANGIN, Kelvin Wijaya - CCTO TaniHub, Stella Tambunan - CEO YCAB Ventures, Sofian Hadiwijaya - CTO WarungPintar, bersama dengan perwakilan Kedutaan Besar Kerajaan Inggris Raya - Yonathan Wijaya, dan juga Okkie Nikijuluw - Head of UK-Indonesia Tech Hub. Ke-enam juri pun sepakat, PowerBrain Indonesia patut menjadi pemenang utama kompetisi UKode Hackathon 2021.

Sekilas mengenai profil PowerBrain Indonesia. Berangkat dari isu pentingnya pengelolaan sumber daya energi bagi kalangan industri dan UMKM, tim PowerBrain Indonesia membangun Smart Energy Management (SEM) System yang menawarkan solusi manajemen energi berbasis teknologi terkini. Solusi yang ditawarkan berupa pengembangan teknologi cloud, yang terintegrasi dengan perangkat Internet of Things (IoT) untuk memonitor konsumsi energi yang kerap menjadi penyebab inefisiensi bagi pelaku usaha. 

Dalam presentasinya, PowerBrain Indonesia berencana mengembangkan aplikasi mobile yang dapat digunakan untuk memantau konsumsi energi sebuah tempat usaha secara real-time. Data yang disajikan diambil dari sensor perangkat IoT, untuk kemudian dikirim langsung ke pengguna. Tim yang didirikan oleh Irvan Farasatha selaku CEO, Riwanu Lukman - CMO, dan Fariz Azmi sebagai VP Engineering itu merancang model bisnis yang cukup ramah di kalangan pengusaha. Dalam pemaparannya diutarakan, model bisnis berbasis pelanggan dianggap paling cocok untuk berbagai kalangan industri mulai dari skala kecil, menengah, dan bahkan skala besar. Harga yang dipasang pun cukup terjangkau, PowerBrain Indonesia mematok biaya langganan sebesar 349 ribu rupiah untuk usaha restoran, dan 399 ribu rupiah untuk minimarket.

Okkie Nikijuluw selaku Head of UK-Indonesia Tech Hub yang juga termasuk sebagai panel penjurian mengatakan, dari perhelatan UKode Hackathon 2021 diharapkan dapat mendorong lebih banyak talenta digital untuk memikirkan solusi teknologi yang inovatif dalam mengatasi masalah terkait perubahan iklim.

“Semoga pemenang dari UKode Hackathon 2021 bisa mengembangkan bisnis mereka dan juga meningkatkan kesadaran di Indonesia kalau perubahan iklim itu nyata dan sedang terjadi. Hanya kita yang bisa melakukan perubahan untuk masa depan kita,” ujarnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter