Categories

Gadget

PowerUp Dart Adalah Pesawat Kertas R/C yang Bisa Bermanuver Layaknya Jet Tempur

Barrel roll, loop, dan masih banyak lagi, serta bisa lepas landas dan mendarat menggunakan sepasang rodanya

Glenn Kaonang - 20 February 2018

Menjelang akhir tahun 2013, sebuah gadget unik bernama PowerUp 3.0 sempat mengguncangkan platform crowdfunding Kickstarter dengan membukukan total pendanaan lebih dari $1,2 juta. Dua tahun setelahnya, drone kertas yang sama di-upgrade dengan sebuah kamera dan kemampuan live streaming.

Untuk tahun ini, kreatornya sudah siap dengan produk yang tak kalah menarik. Dinamai PowerUp Dart, wujudnya sepintas tampak mirip seperti generasi sebelumnya, akan tetapi untuk pertama kalinya, pesawat kertas R/C (remote control) ini siap bermanuver secara akrobatik layaknya jet tempur.

Premis dasarnya masih sama: buat pesawat mainan dari kertas, lalu pasangkan modul PowerUp, dan pesawat pun siap diterbangkan serta dikendalikan dengan smartphone. Yang berbeda adalah sederet trik yang bisa Dart eksekusi, macam barrel roll, loop dan masih banyak lagi.

Bukan cuma itu, Dart turut dilengkapi sepasang roda, sehingga ia bisa mendarat ataupun lepas landas layaknya pesawat asli. Untuk mengendalikannya, lagi-lagi pengguna hanya butuh smartphone, dan Dart bakal bergerak mengikuti pergerakan smartphone, kira-kira seperti ketika kita sedang bermain game balapan macam seri Asphalt.

Modul Dart lebih ringkas ketimbang model-model sebelumnya, dengan bobot hanya 11,5 gram berkat penggunaan material macam serat karbon. Kendati demikian, pesawat kertas yang dipasanginya bisa melesat hingga secepat 40 km/jam. Waktu mengudaranya sekitar 10 menit, dan setelahnya modul bisa di-charge via micro USB selama 25 menit.

Untuk memasarkannya, kreatornya kembali mengandalkan metode crowdfunding, kali ini bersama Indiegogo dan kali ini dengan total pendanaan di atas $1,8 juta. Konsumen yang tertarik bisa memesannya seharga $37 + tarif pengiriman internasional $8. Harga retail-nya diestimasikan berkisar $59.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter