4 November 2016

by Yoga Wisesa

Predikat VR Ready dan Performa Layar Ialah Aspek Andalan di Seri Baru Notebook Gaming MSI GE

"Saat ini spesifikasi tinggi tak lagi jadi aspek istimewa sebuah laptop."

Hadirnya GPU berarsitektur Pascal di notebook tak hanya memanjakan gamer dengan produk berperforma tinggi, tapi juga merombak penyajian produk pencipta hardware. Ambil contohnya MSI, tersedianya GeForce GTX 1060 di keluarga GE memastikan notebook gaming kelas 'menengah' itu sanggup tangani VR. Padahal dulu, virtual reality hanya bisa disuguhkan oleh varian GT.

Dalam bincang-bincang bersama MSI di awal Oktober silam, tim spesialis perangkat gaming asal Taiwan itu menjelaskan bahwa GE merupakan seri dengan penjualan terlaris. Selain berada di area paling seimbang antara harga, fitur dan peforma, GE menyimpan konfigurasi terlengkap, dari mulai model entry-level bertenaga 960M sampai versi VR Ready. Dan jika Anda berkunjung ke Indocomtech 2016, GE72VR dan GE62VR tetap jadi hero product MSI.

Seperti keluarga laptop gaming MSI lainnya, perbedaan antara kedua model hanya terletak pada ukuran layar. GE72VR menyuguhkan panel 17,3-inci (ada opsi FHD, FHD 120Hz dan 4K), lalu GE62VR menghidangkan display 15,6-inci (tersedia pilihan FHD dan UHD). Susunan komponennya sendiri boleh dikatakan identik.

Saat ditemui JCC hari Rabu silam, manager marketing Marcos Tseng kembali bilang bahwa saat ini spesifikasi tinggi tak lagi jadi aspek istimewa sebuah laptop. Semua brand sudah pasti berusaha menyajikan komposisi hardware terbaik. Fitur pendukung gaming-lah yang tidak boleh dilupakan karena pernak-pernik ini akan mendukung kinerja komponen serta menyempurnakan pengalaman penggunaan. Seringkali ia diremehkan oleh produsen, dan terdengar seperti gimmick belaka hingga konsumen merasakannya sendiri secara langsung.

Faktor penting lainnya di notebook gaming adalah layar, jendala Anda untuk mengakses konten digital. Pilihan tipe dan ukuran panel yang MSI sediakan dimaksudkan buat memberi keleluasaan bagi konsumen. Dan demi memaksimalkan mutunya, MSI menerapkan teknologi True Color (pertama kali muncul di seri Prestige) sehingga notebook mampu menghidangkan warna seakurat mungkin - mendekati sRGB 100 persen - melalui proses kalibrasi dan pemeriksaan ekstensif.

Upgrade pada layar IPS, khususnya pada varian anyar, juga memberikan monitor laptop jangkauan warna yang lebih luas. Dibanding panel TN standar, gambar 40 persen lebih tajam, level kontrasnya meningkat, lalu tingkat kecerahannya naik 20 persen. Konten tetap tampak jelas meski Anda melihatnya dari sudut kiri maupun kanan.

Baik GE72VR 6RF Apache Pro dan GE62VR 6RF Apache Pro telah tersedia di Indonesia, masing-masing ditawarkan di harga Rp 25 juga dan Rp 24 juta. Produk bisa Anda coba di booth MSI selama Indocomtech 2016 berlangsung.