24 December 2012

by wiku

Prediksi Penggunaan Domain (dot)id Akan Capai 300 Ribu di Tahun 2013

Jumlah penggunaan dari domain .id pada tahun 2013 nanti diprediksikan akan mencapai 300 ribu domain atau meningkat sebesar 170%.

Angka prediksi naik dari tahun 2012 yang bertumbuh 62.5% atau jumlahnya sebanyak 103.882 domain. Pertumbuhan tahun 2012 masih kalah dengan Singapura dan Malaysia.

Seperti yang dikutip dari IndoTelko, PANDI atau Pengelola Nama Domain Internet Indonesia akan melakukan beberapa langkah untuk meningkatkan penggunaan domain .id. Antara lain mengubah sistem pendaftaran yang dikatakan jauh lebih mudah, serta edukasi penggunaan domain .id yang lebih aman dari domain internasional.

Pendaftaran domain nantinya akan menggabungkan fungsi registri dan fungsi registrar, PANDI juga telah mengumumkan tanggal 19 Oktober lalu nama-nama mitra yang akan menjadi tempat pendaftaran nama domain, sejak tanggal ini PANDI hanya menerima pendaftaran untuk go.id, mil.id dan net.id. Mulai 31 Desember 2012 nanti sistem pendaftaran akan melalui mitra ini dan perpanjangan domain sejak tanggal 1 Januari 2013 juga tidak akan dilakukan lewat PANDI. Pengguna harus mentransfer dulu ke salah satu registrar mitra sebelum memperpanjang.

Tahun ini PANDI juga meluncurkan dua Second Level Domain baru yaitu biz.id yang diperuntukkan bagi usaha mikro, kecil dan menengah serta my.id untuk penggunaan personal atau untuk para blogger.

Mitra registrar yang akan menerima pendaftaran domain .id antara lain adalah: Rumahweb (Yogyakarta), IDwebhost/Jogjacamp Indonesia (Yogyakarta), Core Mediatech (Jakarta), Jetcom Netindo (Jakarta), Jasnita Registri Indonesia (Jakarta), Melsa/PT. Melvar Lintasnusa (Bandung), Jatis Mobile/PT. Informasi Teknologi Indonesia (Jakarta), CBN/PT. Cyberindo Aditama (Jakarta), Garuda Internet/PT. Jupiters Network Indo Teleglobal (Jakarta), Gemilang Ananta (Jakarta), Radnet/PT. Rahajasa Media Internet (Jakarta), dan IM2/PT. Indosat Mega Media (Jakarta).

Sumber: IndoTelko.