Categories

Misc

Prediksi Tren Teknologi Tahun 2015 Versi JWT Intelligence

DailySocial - 7 January 2015

Menyambut tahun 2015, JWT Intelligence memaparkan perkiraan tren tahunannya yang kesembilan yang dimuat dalam laporan berjudul The Future 100. Laporan tersebut memprediksikan beberapa tren yang patut menjadi perhatian dalam bidang Culture, Beauty, Brands, Food and Drinks, Innovation, Lifestyle, Luxury, Retail, Sustainability, Travel, dan Technology. Di bidang teknologi, ada beberapa hal yang menurut kami menarik untuk disimak.

1. Peer-to-Peer Payments

Bagi sebagian orang istilah ini mungkin masih asing di telinga mereka. Secara sederhana peer-to-peer payments adalah sebuah sistem pembayaran elektronik secara tunai, di mana individu dapat mengirim uang secara langsung melalui sebuah aplikasi kepada penjual atau individu lainnya yang tidak menerima pembayaran dengan kartu kredit. Contoh dari aplikasi yang menyediakan layanan ini adalah Snapchat dengan fitur Snapcash-nya, Google dengan Google Wallet-nya, dan Facebook sendiri berencana untuk mengeluarkan fitur P2P Payments untuk layanan Messenger-nya.

Lalu kenapa teknologi ini menarik?

Dengan menggunakan teknologi ini, Anda seperti menulis cek untuk teman Anda atau pihak lain. Hal tersebut tentu dapat memudahkan Anda nantinya dalam mengirim uang secara langsung ke rekening bank individu lain atau bahkan penjual e-commerce hanya melalui ponsel.

2. Professional Content Creation Goes Mobile

Perkembangan teknologi seperti Smartphone saat ini sudah jauh lebih baik, seperti perkembangan teknologi kamera yang terpasang di smartphone saat ini misalnya. Dengan teknologi yang jauh lebih maju pada kamera smartphone, aplikasi mobile editing, dan aplikasirecording dapat membuat perangkat bergerak Anda layaknya studio berjalan. Lihat saja aplikasiediting seperti Snapseed, SKRWT, dan juga dari Indonesia seperti Jepret Story yang memungkinkan penggunanya melakukan editing pada foto layaknya seorang profesional, dan masih banyak lagi aplikasi yang tersedia yang setidaknya dapat menandingi perangkat lunak editing pada desktop.

Lalu kenapa teknologi ini menarik?

Dengan hadirnya aplikasi-aplikasi tersebut, seorang amatir dapat menghasilkan konten multimedia layaknya seorang profesional dan membuka gerbang “citizen journalism” dancrowdsource content lebih luas lagi dan mungkin akan menggantikan peralatan tradisional seperti kamera SLR.

3. Businesses Look to Cloud

Siapa yang tidak mengenal teknologi komputasi awan saat ini? JWT Intelligence memperkirakan teknologi cloud akan semakin berkembang di tahun 2015 ini karena lebih banya perusahaan besar, organisasi, dan brands yang akan mulai mentransisikan IT mereka ke teknologi ini. Sedangkan untuk perusahaan baru, dengan infrastuktur yang sudah siap ini akan memudahkan mereka untuk meluncurkan usahanya dan naik ke level yang lebih tinggi lagi.

Lalu kenapa teknologi ini menarik?

Banyak kemungkinan tak terbatas dengan menggunakan teknologi cloud dan mungkin tak akan cukup jika kami tulis satu per satu di sini. Mengutip dari apa yang dikatakan JWT Intelligence, dari badan pemerintahaan ke konsumen ke brands, saat ini sedang berpindah pola pikir dari kebutuhan memiliki teknologi menjadi Technology as A Services. Seperti berpindah dari kepemilikan menjadi menyewa.

Masih ada beberapa topik yang diprediksikan oleh JWT Intelligence mengenai tren teknologi di tahun 2015 ini. Laporan lengkap The Future 100 dapat diakses secara bebas melalui tautan ini.

[Header: Shutterstock]

Artikel sindikasi ini pertama kali dimuat di DailySocial dan ditulis oleh Adjie Priambada.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter