1. Startup

PriceArea Kini Miliki Delapan Juta Produk Terdaftar dan Lima Ratus Ribu Penjual

Pertumbuhan pesat e-commerce di Indonesia membuka banyak peluang, tidak hanya bagi toko-toko online. Situs-situs pencari dan pembanding toko online juga ikut tumbuh beriringan. Sebut saja PriceArea yang hadir dan telah mengokohkan diri sebagai situs mesin pencari seputar e-commerce terbesar di Indonesia.

PriceArea memang hadir dengan beberapa nilai tambah andalan, menyediakan fitur pencarian produk dan harga dengan mudah, cepat dan akurat yang telah menoreh sejarah sebagai situs agregator dan pencari belanja pertama di Indonesia.

Berdiri di bawah bendera PT. PriceArea Andalan Prestasi, situs ini mulai dikembangkan oleh Andry Suhaili sejak November 2009. Memasuki 2012, PriceArea berhasil mendapatkan pendanaan dari dua raksasa industri internet Jepang yaitu GREE Ventures dan So-Net.

Sebagai mesin pencari belanja pertama di Indonesia, optimalisasi pencarian memegang peranan penting, untuk itu PriceArea mengeluarkan program Point Reward. Dalam fitur ini pengunjung diberikan sebuah apresiasi dalam bentuk poin saat melakukan aktivitas di PriceArea.

Aktifitas tersebut seperti mencari barang, mempromosikan kepada teman hingga memberikan ulasan produk dan testimonial toko online. Setelah poin terkumpul, pengguna dapat melakukan penukaran dengan ribuan hadiah menarik.

Program PriceArea ini telah secara resmi diluncurkan untuk umum sejak 21 Maret 2013. Menurut pengakuan dari Andry yang juga CEO PriceArea, “Point Reward ini adalah program terbaik PriceArea untuk mengakuisisi [anggota] dan meningkatkan return visitors, Tujuan utamanya adalah meningkatkan revenue.”

Menurut Andry kendala yang selama ini dihadapi adalah dalam mengakusisi anggota baru. “Untuk segi marketing, kami sempat mencoba akuisisi [anggota] secara agresif, namun terkendala untuk akusisi [anggota] baru. Mungkin karena faktor konsep price comparison masih terlalu awam, sehingga banyak pengguna yang salah paham antara toko online vs mesin pencari.”

PriceArea berharap Point Reward ini bisa menjadi sarana promosi untuk para pemilik situs e-commerce dalam hal meningkatkan awareness tentang produk yang ditawarkan ke pengunjung dan calon pembeli, dan meningkatkan penjualan. Saat ini tercatat delapan juta produk yang terdaftar di PriceArea, naik dari lima juta produk di bulan Juli tahun 2012, sedangkan jumlah penjual yang terdaftar sudah ada 579,652 menurut Andry.

Aktifitas pengunjung yang paling sering terjadi saat mengunjungi PriceArea adalah mencari perbandingan harga ponsel, komputer, dan camera, “Karena PriceArea memang berfokus sebagai situs pembanding harga dan banyak user yang membandingkan tiga kategori tersebut. PriceArea saat ini sudah memiliki 24 kategori produk, beberapa bisa dibandingkan dan beberapa hanya sebagai mesin pencari belanja,” ujar Andry kepada DailySocial.

Lebih jauh, Andry menyatakan bahwa visi PriceArea ke depan adalah mempertahan posisi sebagai situs pencari belanja nomor satu di Indonesia dan berusaha untuk menjadi nomor satu juga di Asia Tenggara.

 

[Ilustrasi foto: Shutterstock]

 

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again