Categories

Interview

Prodeals Hadirkan Daftar Diskon Belanja untuk Pengguna di Makassar

Akses ke pendanaan bagi startup di Makassar masih menjadi salah satu isu tersendatnya kemajuan bisnis digital

Vivi Alhambra - 2 June 2016

Prodeals didirikan sejak September 2015 lalu. Saat itu, Muhammad Munir Ahmadi Putra, salah satu pendiri Prodeals melihat di Makassar belum memiliki aplikasi lokal yang mengakomodir diskon. Munir dan tim lalu membuat aplikasi Prodeals yang bertujuan mempermudah konsumen mencari produk diskon di Makassar. Selain itu, Prodeals juga membantu para pelaku UMKM di Makassar mempromosikan produk mereka. Business models yang digencarkan adalah melalui pembagian profit diskon yang transaksinya dilakukan lewat aplikasi Prodeals.

“Saat ini, ada sekitar dua puluhan tenant yang bekerja sama dengan kami. Mereka semua berada di Makassar,” kata Munir.

Prodeals memiliki 4 fitur utama seperti Around You, Category, Search dan Share. Around You adalah fitur yang menampilkan berbagai diskon di Makassar yang ada di sekitar pengguna dengan sekali sentuh. Fitur Category memudahkan konsumen mencari diskon berdasarkan kategori yang mereka pilih. Search berupa fitur pencarian diskon di daftar tenant yang tersedia. Dan fitur Share untuk membagikan diskon yang disukai ke media sosial atau aplikasi lainnya.

Munir mengakui, kendala yang mereka hadapi saat ini adalah kurangnya informasi mengenai cara mendapatkan pendanaan dari investor, serta investor mana saja yang biasa member pendanaan bagi para startup yang dapat membantu mengakomodasi para startup di Makassar. Peran investor baik berupa angel investor maupun venture capital sangat penting bagi startup, meski ada juga startup yang sukses karena mendapat pendanaan dari boostraping. Ia mencontohkan Go-Jek yang bisa sukses seperti sekarang berkat peran investor yang mem-backup biaya operasional mereka.

Ke depan, Prodeals akan fokus memperbaiki produk mereka dan mengembangkan aplikasi sehingga bisa diakses juga bagi pengguna dari luar Makassar dan bersaing dengan startup lain di Pulau Jawa. Munir menambahkan, saat ini mereka masih fokus di Makassar dan belum ingin memperluas pasar ke luar Makassar.

“Kami ingin memperkuat fondasi di Makassar lebih dahulu,” ujanya.

Selain fokus memperkuat fondasi di Makassar, Prodeals juga akan melakukan perbaikan sistem aplikasi mereka. Munir mengatakan, jika mereka bisa survive di Makassar dan fondasinya kuat, mereka dapat merambah ke wilayah Indonesia Timur lain mulai dari seluruh Pulau Sulawesi , Maluku hingga Papua.

“Indonesia Timur adalah pasar yang sangat potensial dan masih belum dijamah,” tandasnya.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter